Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Pertahankan Menhan era Bush

Kompas.com - 26/11/2008, 09:50 WIB

WASHINGTON, RABU — Sejumlah pejabat Tim Transisi presiden AS terpilih, Barack Obama, mengatakan, Menteri Pertahanan Robert Gates akan dipertahankan. Gates yang merupakan orang kepercayaan Presiden George W Bush setidaknya akan tetap menjabat pada tahun pertama pemerintahan baru Obama.

"Sekarang mengarah pada keputusan itu. Kemungkinan itu akan terjadi," kata seorang sumber Tim Transisi Obama, Selasa (25/11). Sumber itu menambahkan, Gates akan menjadi bagian tim keamanan nasional Obama dan akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

Keputusan mempertahankan Gates diambil karena Obama membutuhkan beberapa figur menteri di bawah Presiden George W Bush. Gates adalah sosok sarat pengalaman. Ia pernah menduduki berbagai jabatan keamanan nasional di bawah presiden dari Partai Republik, termasuk ketika menjadi Direktur CIA di bawah Presiden George H W Bush.

"Jika kita tidak mempunyai personel sipil dan personel militer bagus, kita tidak akan melakukan reformasi. Itu tidak akan terjadi. Anda membutuhkan orang tepat untuk menjalankan itu," kata mantan pejabat Pentagon, Dov Zakheim, perihal dipertahankannya Gates.

Gates akan bergabung dengan tim keamanan Obama yang juga akan diisi seorang pensiunan jenderal bintang empat. Sejumlah sumber mengatakan, pensiunan Jenderal Marinir Jim Jones akan menjadi penasihat keamanan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com