Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama:Saya Kangen Nasi Goreng, Bakso, dan Rambutan

Kompas.com - 26/11/2008, 04:59 WIB
Oleh Bambang Sukartiono

NAGOYA, KOMPAS - ”Saya kangen nasi goreng, bakso, dan rambutan,” kata presiden AS terpilih, Barack Obama. Pernyataan itu disampaikan Obama sebagaimana dikutip kembali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Susilo berbicara kepada pers di atas pesawat kepresidenan menjelang transit di Nagoya, Jepang, setelah menempuh penerbangan dari Seattle, Amerika Serikat, Senin malam. Dikatakan, Obama menelepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika Presiden transit di Seattle, sekembali dari menghadiri pertemuan APEC di Lima, Peru.

Dalam pembicaraan selama lima menit, Obama memberi penghargaan atas peranan Pemerintah Indonesia dalam memelihara hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat serta peranan Indonesia dalam masalah-masalah internasional.

Presiden Yudhoyono menjelaskan dalam percakapan telepon tersebut bahwa ia menyampaikan amanat dari teman-teman sekolah SD Obama di Jakarta untuk menyampaikan album foto. Album foto itu akan disampaikan kepada Obama melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington. ”Beliau masih fasih berbahasa Indonesia, seperti ’apa kabar’ dan ’nasi goreng’,” kata Presiden Yudhoyono.

Presiden Yudhoyono juga menjelaskan, ia mengundang Obama datang ke Indonesia tahun 2009, setelah Obama menghadiri pertemuan APEC di Singapura tahun 2009.

Mau datang ke Indonesia

”Saat saya undang untuk datang ke Jakarta saat APEC Summit di Singapura tahun depan, beliau mengatakan, ’datang ke Indonesia sangat penting. Selain untuk meningkatkan kerja sama, juga untuk menikmati bakso, rambutan, dan nasi goreng’,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden Dino Patti Djalal mengemukakan, dalam percakapan telepon tersebut, kedua pemimpin tidak menyinggung secara spesifik hasil pertemuan G-20 di Washington serta pertemuan APEC di Lima, Peru. Namun, kata Dino, kedua pemimpin berkomitmen untuk secara bersama-sama berusaha mengatasi krisis finansial dan berbagai masalah internasional, seperti problem energi dan pangan.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan tiba di Tanah Air, Rabu dini hari sekitar pukul 02.30.

Presiden AS terpilih, Barack Obama, sewaktu kecil pernah tinggal dan belajar di SD Asisi, Tebet, Jakarta, dan SD Negeri I Menteng, Jakarta. Obama berada di Indonesia periode 1967-1971 karena ibunya, Stanley Ann Dunham, menikah lagi dengan Lolo Soetoro asal Indonesia.

Dalam percakapan itu, Presiden Yudhoyono menyampaikan selamat atas kemenangan Obama dalam pemilu 4 November 2008. Presiden menyatakan siap bekerja sama dengan Obama guna melanjutkan hubungan baik yang telah berlangsung selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com