Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Siapkan Paket Baru Penyelamatan Ekonomi AS

Kompas.com - 26/11/2008, 02:33 WIB

WASHINGTON, RABU - Presiden terpilih AS Barack Obama dan Kongres Demokrat menetapkan kerangka dasar pemberlakuan dalam waktu cepat paket penyelamatan ekonomi selama 2 tahun senilai setengah trilyun dollar. Obama telah menugaskan tim ekonominya untuk menyusun langkah pengucuran dana dalam waktu cepat ke ekonomi AS yang bermasalah dengan paket penciptaan lapangan kerja bagi 2,5 juta orang serta pemotongan pajak bagi masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.

Paket penyelamatan ekonomi ini juga membuka peluang investasi pemerintah secara besar-besaran dalam teknologi hemat energi serta teknologi lainnya dalam jangka panjang. Salah satu pejabat kongres Demokrat yang tak disebutkan identitasnya menerangkan paket ekonomi ini kemungkinan akan menelan dana sekitar 400 hingga 500 miliar dollar AS dalam kurun waktu 2 tahun.

Paket penyelamatan ekonomi ini diperkirakan akan memperburuk defisit AS yang telah membengkak. Obama telah menunjuk Presiden Bank Sentral New York Tim Geithner sebagai menteri keuangan AS dalam pemerintahannya yang akan dilantik Januari tahun depan.

Obama juga menunjuk Lawrence Summers sebagai direktur Dewan Ekonomi Nasional. Summers pernah menjabat sebagai menteri keuangan di bawah pemerintah Bill Clinton.

Selain itu, Obama telah mengumumkan Peter Orszag sebagai direktur anggarannya yang akan bertugas mengawasi pengeluaran anggaran. Peter Orszag nantinya akan bertugas memastikan penghapusan program kerja yang dinilai tak diperlukan sehingga tercipta efektivitas biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com