Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Berharap Obama Perhatikan Asia

Kompas.com - 07/11/2008, 13:06 WIB

JAKARTA, JUMAT — Pemerintah Indonesia berharap presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama tidak hanya memberikan perhatian kepada bangsa Indonesia, tetapi juga kepada negara-negara di Asia. Selama masa pemerintahan Presiden George Bush, AS terlalu fokus pada isu-isu stabilitas di Afganistan, Irak, dan perangnya dalam memberangus jaringan terorisme.

Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) Teuku Faizasyah, Jumat (7/11) di Gedung Nusantara, Deplu, Jakarta. Teuku melanjutkan, pemerintahan yang dipimpin oleh Partai Demokrat dan Partai Republik memiliki ciri-ciri dan dinamikanya tersendiri. Partai Demokrat, kata Teuku, sangat peduli dengan isu-isu lingkungan hidup dan hak asasi manusia.

"Saat ini Indonesia sudah dapat menghormati hak-hak asasi manusia. Kita juga sudah sangat berperan dalam isu pelestarian lingkungan hidup. Dengan demikian, kita berharap Obama dapat melihat Indonesia dengan perspektif yang berbeda serta dapat memberikan apresiasi yang luas," ujat Teuku.

Namun, Teuku menyadari bahwa saat ini Obama memiliki prioritas untuk menyelesaikan segala urusan dalam negeri yang belum selesai, seperti masalah perekonomian, yang turut memengaruhi kondisi perekonomian dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com