Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjabat Gubernur: Tunggu Hasil Penghitungan KPU

Kompas.com - 05/11/2008, 13:30 WIB

SURABAYA,RABU- Penjabat Gubernur Jawa Timur Setia Purwaka meminta semua pihak menunggu hasil penghitungan resmi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Jatim.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran pelaksanaan Pilkada Jatim Putaran Kedua. Tetapi, saya harap semua pihak bersabar menunggu hasil penghitungan suara yang dilakukan resmi oleh KPU Jatim," tutur Setia, Rabu (5/11) di Surabaya.

Kepala Kepolisian Daerah Jatim Inspektur Jenderal Herman Suryadi Sumawiredja menambahkan, polisi juga akan memantau penghitungan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Penghitungan berkas-berkas dari tempat-tempat pemungutan suara akan disamakan dengan salinan yang dibuat polisi di setiap TPS dan dilegalisasi dengan tanda tangan Ketua Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).

Bila terjadi perbedaan, penghitungan akan diulang. Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Rabu pagi meminta rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK hingga tingkat provinsi dilakukan dengan jujur. Dari penghitungan tim Kaji, Khofifah-Mudjiono memperoleh suara lebih dari 51 persen.

Adapun tim Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) meyakini pihaknya menang. Karenanya, Karsa mendesak Desk Pilkada Jatim yang juga menghitung cepat semua perolehan suara di TPS-TPS untuk mengumumkan hasilnya. Hal ini ditolak Setia Purwaka. "Itu kewenangan KPU Jatim. Kalau kami mengumumkan, malah salah. Bersabar saja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com