Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebah Bisa Menghitung Hingga Angka 4

Kompas.com - 26/10/2008, 14:26 WIB

SYDNEY, MINGGU - Beberapa periset menemukan fakta bahwa lebah madu ternyata dapat menghitung hingga angka 4. Salah satu periset dari University of Queensland meletakkan 5 penanda angka di sebuah terowongan dan menempatkan nektar di salah satu penanda itu.

Menurut Radio Australian Broadcasting Corporation, lebah-lebah madu yang diletakkan di dalam terowongan itu kemudian bergerak menuju penanda dengan air bergula dan polen atau serbuk sari yang dihasilkan bunga tersebut. Lebah-lebah madu itu masih berkerumun di sekitar penanda angka saat nektar telah ditarik dari lokasinya.

"Lebah-lebah madu akan mengenal angka tiga jika mereka diperlihatkan dengan penanda angka tiga," kata periset Mandyam Srinivasan. "Apabila kita menunjukkan penanda angka 4, perhatian lebah- lebah tersebut akan tertuju ke angka tersebut. Namun, nampaknya kemampuan lebah-lebah itu berhitung hanya sampai angka 4. Lebah-lebah itu tak dapat menghitung hingga di atas angka 4," tambah Mandyam Srinivasan.

"Semakin kita mengamati lebah-lebah yang mempunyai otak sebesar biji wijen itu, semakin kita terkagum-kagum," ungkap Mandyam Srinivasan. Riset gabungan tersebut diadakan oleh Mandyam Srinivasan secara bersama dengan periset Swedia Marie Dacke

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com