Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Perancis Paling Banyak Pro-Obama

Kompas.com - 24/10/2008, 09:40 WIB

PARIS, JUMAT — Negara-negara Eropa, terutama Perancis dan Jerman, bersuara paling banyak menginginkan Barack Obama menang dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat bulan depan.

Demikian hasil jajak pendapat Harris Interative di lima negara besar Eropa, Jumat (24/10). Hanya sedikit yang menghendaki pesaingnya dari Partai Republik, John McCain.

Sebanyak 78 persen dari rakyat Perancis yang diwawancarai, 72 persen warga Jerman, 68 persen warga Spanyol, 66 persen orang Italia, dan 48 persen warga Inggris mengatakan, mereka akan mendukung Obama pada pemilihan 4 November.

McCain bahkan hanya mendapat dukungan 1 persen di Perancis, 5 persen di Jerman, dan 7 persen di Inggris. Demikian jajak pendapat yang disiarkan oleh saluran televisi berita France 24 dan surat kabar International Herald Tribune.

"Alasan pokok yang diberikan untuk memilih kandidat Demokrat adalah karena kepribadiannya, nilai-nilai yang dia wakili, dan kapasitasnya untuk mengubah dari kebijakan Amerika saat ini," kata France 24 dalam pernyataannya. "Di Eropa, ditemukan hasil positif di Irak dan Afghanistan yang masih menjadi prioritas  amat penting," katanya.

Masalah-masalah pemilihan lainnya yang paling menonjol di semua negara yang disurvei oleh Harris, yang mengajukan pertanyaan kepada 6.000 orang melalui e-mail, adalah situasi ekonomi di AS dan pemanasan global.

Pada semua penduduk yang disurvei, Obama dianggap akan menjadi tokoh yang mampu untuk mengatasi masalah-masalah ini, di samping mengupayakan hubungan yang lebih baik dengan Eropa. Di enam negara yang disurvei, sebagian besar responden mengatakan, mereka berpikir bahwa presiden AS dari kulit hitam akan mempunyai pengaruh positif terhadap negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com