Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McCain Bantah Dikalahkan Obama pada Isu Ekonomi

Kompas.com - 22/10/2008, 08:29 WIB

WASHINGTON, RABU — Calon presiden dari Partai Republik, John McCain, menepis komentar yang beredar bahwa ia tak dapat merebut kursi presiden AS apabila isu ekonomi masih menjadi masalah utama yang dikhawatirkan oleh pemegang hak suara. Hal ini disampaikan McCain saat rivalnya dari Partai Demokrat, Barack Obama, berupaya mengokohkan dukungan suara karena keberpihakan yang realistis pada isu ekonomi.

Kecemasan terhadap krisis keuangan di AS telah membayangi pertimbangan penduduk AS terhadap pemimpin yang akan mereka pilih dalam dua pekan mendatang. Kecemasan itu timbul saat mereka kehilangan tabungan usia tua serta menyaksikan memburuknya kredit kepemilikan rumah bermasalah dan meningkatnya angka pengangguran. Beberapa hasil pendapat menunjukkan Obama lebih dipercaya oleh masyarakat AS dalam menangani krisis keuangan terburuk pada beberapa dasawarsa terakhir di AS.

Obama menjabarkan kebijakan ekonominya dalam kampanye di Florida. Obama berharap dapat mengumpulkan dukungan suara lebih banyak lewat kampanyenya itu sebelum meluangkan waktu menjelang akhir pekan ini bersama neneknya yang sedang mengidap penyakit serius di Hawaii.

Sementara itu, dalam wawancara dengan televisi CBS, Selasa (21/10), McCain membantah komentar seorang penasehat kampanye terhadap sebuah harian bahwa ekonomi bukan menjadi isu utama bagi partai Republik. "Dengarkan saya. Saya calon presiden AS dan kampanye ini adalah kampanye soal ekonomi," tutur McCain.

Dalam kampanye di Florida, Obama menjelaskan respon McCain terhadap krisis keuangan tak cukup menjawab kebutuhan warga AS yang khawatir kehilangan pekerjaan, rumah, atapun gaya hidup mereka. Obama juga terus mengaitkan McCain dengan kebijakan Presiden George W Bush yang tak populer dan mengabaikan kebutuhan hidup harian warga AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com