Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Menlu Bush Dukung Obama

Kompas.com - 20/10/2008, 03:04 WIB

WASHINGTON,SENIN-Mantan menteri luar negeri Presiden George W Bush, Colin Powell, mendukung pencalonan Barack Obama untuk menuju Gedung Putih.

Powell mengatakan calon dari partai Demokrat itu memiliki "kemampuan untuk memberikan inspirasi". "Semua warga Amerika...bukan hanya warga Amerika keturunan Afrika akan bangga bila Obama menang," kata Powell yang merupakan kader Partai Republik. Ia pun berjanji mencoblos Obama dalam pemilu 4 November nanti.

Capres Partai Republik John McCain sendiri mengatakan ia tidak terkejut atas keputusan teman lamanya itu. "Saya selalu mengagumi dan menghargai jendral Powell. Kami adalah teman lama. Langkahnya tidak mengejutkan," kata McCain.

"Namun saya juga sangat senang karena mendapat dukungan dari empat mantan mentri luar negri, Kissinger, Baker, Eagleburger dan Haig, dan saya bangga karena mendapat dukungan lebih dari dua ratus purnawirawan jenderal," tambahnya.

Henry Kissinger, James Baker, Lawrence Eagleburger dan Alexander Haig yang disebut McCain berasal dari Partai Republik.

Barackm Obama melakukan kampanye di North Carolina, Minggu (19/10) saat Powell menyatakan dukungan. "Saya merasa sangat dihargai atas dukungan Powell. Ia mengetahui, seperti yang kita tahu pula, bahwa saat ini, kita perlu melakukan semua hal bersama-sama, anak muda, orang tua, kaya, miskin, kulit hitam, puting, Hispanik, Asia, warga asli Amerika, Repulik dan Demokrat," kata Obama.

Kubu Obama sebelumnya mengatakan Obama dan Powell berbicara selama 10 menit melalui telepon. Kubu kampanye Obama juga mengumumkan mereka sukses menggalang dana kampanye lebih dari 150 juta dollar AS bulan September, dan secara keseluruhan mencapai 605 juta dollar AS, jauh melebihi apa yang didapat oleh kubu McCain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com