Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Gencar Kampanye di "Video Game"

Kompas.com - 17/10/2008, 15:14 WIB

WASHINGTON, JUMAT — Dengan keunggulan finansial yang luar biasa, calon presiden AS dari Partai Demokrat, Barack Obama, bisa beriklan melalui media apa pun. Setelah membanjiri media elektronik, Obama memasang iklan di video game.

Jangan heran jika logo kampanye Obama muncul dalam video game. Obama sudah membeli tempat dalam sembilan game buatan Electronic Arts Inc (EA) yang dimainkan dengan konsol Xbox 360. Beberapa di antaranya game terkenal di AS, seperti game sepak bola Amerika Madden 09 dan balap mobil Burnout: Paradise.

Untuk memainkannya, konsol Xbox 360 dihubungkan dengan internet sehingga fitur-fitur terbaru, termasuk iklan, bisa ditampilkan. Pada game Burnout, yang beredar pada Januari, iklan Obama ditampilkan mulai bulan ini.

Beriklan politik di video game tergolong gagasan baru. Ide itu muncul sekitar 18 bulan lalu. Dan, Obama merupakan capres pertama yang membeli tempat di video game, ungkap sumber di EA.

Iklan-iklan itu jelas ditujukan kepada pecinta game olahraga, seperti NASCAR, NBA, NHL, dan skateboard. Moto EA yang berbunyi "It's in the Game" kini juga diterapkan pada politik.

Juru Bicara EA Holly Rockwood enggan mengungkap harga iklan Obama. Namun, dia mengatakan bahwa iklan-iklan itu akan muncul pada versi Xbox Live sepanjang 3 November atau sehari sebelum pemilihan umum dilaksanakan.

Waktu penayangan iklan itu berbeda di setiap negara bagian. Di negara-negara bagian kecil, iklan ditayangkan selama sebulan penuh. Sementara itu, gamers di negara bagian yang besar melihat iklan itu dalam jangka waktu lebih pendek.

“Iklan itu untuk sasaran yang sulit dijangkau, yakni pria muda berusia antara 18 dan 34 tahun,” kata Rockwood. “Pasar itu memang menggiurkan para pemasang iklan kami.”

Agresivitas Obama beriklan memang tidak bisa dibantah. Bisa dibilang dia benar-benar menenggelamkan rivalnya dari Partai Republik John McCain. Dalam tiga pekan pertama September saja, sebanyak 1.342 iklan Obama muncul di media Washington. Sementara itu, iklan McCain hanya delapan.

Menurut Competitive Media Analysis Group (CMAG), sejak masa pemilihan pendahuluan hingga kini Obama sudah menghabiskan sekitar 195 juta dollar AS (Rp 1,9 triliun) untuk iklan. Bandingkan dengan McCain yang "baru" mengeluarkan 99 juta dollar AS (Rp 967 miliar).

“Dalam sehari Obama mengeluarkan 3,5 juta dollar AS (Rp 34 miliar) untuk iklan televisi,” kata Evan Tracey kepala operasional CMAG. ap/pol/kis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com