Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toast dengan Bush, Berlusconi Bawa Podium

Kompas.com - 14/10/2008, 11:20 WIB

WASHINGTON,SELASA-Perdana Menteri (PM) Italia Silvio Berlusconi menunjukkan tanda persahabatannya kepada Presiden AS George W Bush dengan toast sambil membawa  bagian podium. Kejadian yang mengundang gelak tawa itu terjadi saat Bush mengundang Berlusconi dalam jamuan makan malam di Gedung Putih, Senin (13/10) malam.

Ketika asyik berpidato di tengah kerumunan tamu undangan, Berlusconi tiba-tiba mencopot bagian podium. Bagian podium yang di atasnya ada mikrofonnya itu kemudian dibawa ketika toast dengan Bush. Para undangan pun tertawa dan bertepuk tangan. "Saya 100 persen yakin bahwa kami menjadi teman selamanya," kata Berlusconi.

Sebelumnya, Bush melantik Hakim Agung Antonin Scalia dan Samuel A Alito Jr sebagai orang Italia-Amerika pertama yang menduduki jabatan itu. Bush juga menyanjung Nancy Pelosi, orang Italia-Amerika pertama menjadi ketua Kongres AS dengan menjulukinya "prima donna".

Hadir dalam jamuan makan malam itu termasuk penyanyi Frankie Valli, yang menghibur tamu undangan dengan hit-hitnya, "Big Girls Dont't Cry" dan "Walk Like a Man".

Di akhir penampilan Valli, Bush melompat ke atas panggung untuk menyampaikan terima kasih kepada para penyanyi dan pemain musik. Hal sama dilakukan Berlusconi. "Frankie, ayo," kata Bush, sambil memeluk Valli.

Jamuan makan malam itu dilangsungkan setelah Bush mengumumkan bahwa pemerintahannya akan melaksanakan langkah-langkah strategis guna mengatasi krisis keuangan. "Ada saat-saat berat buat ekonomi kami, namun kami yakin bisa keluar dari tantangan ini, dan Amerika akan terus bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mengatasi krisis keuangan global," kata Bush, Senin (13/10) pagi.

Berlusconi berada di Washington usai menghadiri pertemuan di Paris dengan para pemimpin Uni Eropa. Dia mengatakan negara-negara Eropa telah mengambil tindakan untuk mencegah krisis ekonomi bisa merusak ekonomi dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com