Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arroyo Kembali Hadapi Impeachment

Kompas.com - 13/10/2008, 13:46 WIB

MANILA, SENIN - Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo kembali dihadapkan pada gugatan impeachment atau pemakzulan dari para lawan politiknya, Senin (13/10) ini. Gugatan tersebut diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Filipina dengan tuduhan korupsi serta tindak kriminal lainnya terhadap Gloria Arroyo.

Namun, pemerintah Gloria Arroyo memprediksi gugatan tersebut akan kembali menemui kegagalan seperti 3 gugatan sebelumnya. Gugatan ini mengonsolidasikan dugaan lama dan baru terhadap kasus korupsi serta pelanggaran HAM  dan konstitusi yang diarahkan ke Presiden Gloria Macapagal Arroyo.

Gugatan terbaru itu mencakup tuduhan pelanggaran dalam proposal kontrak telekomunikasi  yang melibatkan perusahaan China ZTE Corp. Arroyo berkuasa pada tahun 2001 setelah disingkirkannya Josep Estrada dari jabatan presiden lewat tuntutan rakyat tanpa melalui aksi kekerasan.

Arroyo terpilih kembali sebagai presiden untuk masa jabatan selama 6 tahun dalam pemilihan presiden tahun 2004. Arroyo merupakan presiden Filipina dengan masa jabatan terlama dan popularitas terendah menyusul digulingkannya Ferdinad Marcos pada tahun 1986 setelah memimpin Filipina selama lebih dari 2 dasawarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com