Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia dan Filipina Hentikan Impor Produk Susu China

Kompas.com - 03/10/2008, 17:19 WIB

MANILA, JUMAT - Departemen Kesehatan Filipina telah menemukan melamin pada 2 dari 30 produk susu dari China yang telah diuji menyusul terungkapnya skandal kesehatan pangan di China. Menteri Kesehatan Francisco Duque menyebut merk dagang susu yang tercemar itu adalah Mengniu dan Yili yang telah terbukti terkontaminasi dalam uji lab di China.

Duque menerangkan 28 produk makanan China lainnya yang tercemar melamin diantaranya adalah permen coklat M&M, susu bubuk serta 200 produk lain yang sedang diuji. Pemerintah Filipina menghentikan import serta penjualan produk susu China setelah menyebar kasus susu tercemar melamin yang mengakibatkan 4 anak meninggal dunia atau mengidap batu ginjal serta beberapa penyakit lainnya di China.

Sementara Badan pengawasan pangan Rusia telah menemukan hampir 2 ton susu bubuk China yang terkontaminasi bahan kimia industri melamin. Susu bubuk itu disita di kota Khabarovsk, Timur Jauh yang terletak dekat perbatasan China.

Lebih dari 1.000 produk makanan China yang terbuat dari susu dan tercemar melamin ditemukan di Rusia. Rusia untuk sementara memberlakukan larangan terhadap impor produk makanan China yang terbuat dari susu. Susu yang tercemar melamin selain telah menelan 4 korban jiwa juga mengakibatkan 54.000 anak-anak di China sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com