Terowongan Milisi Dibombardir, 20 Taliban Tewas

Kompas.com - 24/09/2008, 15:07 WIB
Editor

KHAR,RABU-Pesawat-pesawat tempur Pakistan membombardir serangkaian terowongan milisi di wilayah suku yang berbatasan dengan Afghanistan, dan menewaskan 20 orang milisi Taliban.

Serangan udara itu terjadi di Distrik Bajaur yang bergolak, di mana operasi militer besar-besaran pernah dilancarkan pada Agustus lalu dan menewaskan lebih dari 800 orang - sebagian besar di antara mereka anggota kelompok militan. Lebih 300.000 penduduk sipil telantar di kamp pengungsian akibat serangan itu.

"Sedikitnya 13 orang tewas dalam serangan berulang-ulang semalam di kota-kota Rashakai, Khazana dan Takhata di mana milisi mempunyai terowongan-terowongan di bawah tanah," kata seorang pejabat keamanan lokal yang minta tak disebutkan jatidirinya, Rabu (24/9). "Pemboman sangat hebat dan pesawat-pesawat melakukannya berulangkali sampai Rabu dinihari," kata salah seorang penduduk.

Para pejabat setempat mengatakan serangan-serangan itu dilanjutkan lagi Rabu pagi di dua kota lainnya di Bajaur, menewaskan tujuh milisi lainnya.

Pemerintah Pakistan ditekan pemerintahan AS untuk membasmi kelompok militan Taliban dan Al-Qaeda, yang telah membangun tempat persembunyian  di wilayah-wilayah suku yang bergolak di Pakistan, di sepanjang perbatasannya dengan Afghanistan.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.