Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marriott Hotel Islamabad Dibom, 40 Tewas

Kompas.com - 20/09/2008, 22:08 WIB

ISLAMABAD,SABTU-Ledakan dahsyat meluluh-lantakkan Marriott Hotel di ibukota Islamabad, Pakistan, Sabtu (20/9), menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai 100 lainnya.  Marriott di Islamabad adalah tempat favorit bagi para turis untuk menginap, dan sebelumnya sering menjadi incaran militan.

Pejabat polisi senior Asghar Raza Gardaizi mengatakan sedikitnya 40 orang tewas dan puluhan lain luka dalam insiden ini. Gardaizi bahkan memprediksi puluhan korban tewas lainnya masih di dalam hotel. Dia mengatakan bom itu berisi sekitar 1 ton bahan peledak. Ratusan pengunjung hotel berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Beberapa di antaranya berlumuran darah.

Seorang satpam hotel di lokasi kejadian, Mohammad Nasir, mengatakan dia menyaksikan sebuah truk besar tiba-tiba terbakar di depannya sebelum tiba-tiba meledak. "Itu ledakan luar biasa," katanya. Beberapa ambulans segera menuju lokasi ledakan, tempat api berkobar, asap tebal dan puing-puing mobil berserakan. Jendela dan kaca-kaca hotel berterbangan hingga radius ratusan meter.

Belum ada pihak yang bertanggungjawab atas insiden itu. Tetapi, Pakistan yang menjadi partner AS dalam memerangi terorisme baru-baru ini gencar melancarkan serangan di perbatasan untuk memburu para teroris. Bisa jadi serangan ini balas dendam oleh para teroris.

Pada Januari 2007, seorang penjaga keamanan menghentikan seorang pelaku bom bunuh diri yang berusaha meledakkan diri di luar Marriott, menewaskan penjaga keamanan itu dan melukai tujuh lainnya.
      

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com