Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampanye Rp 2,5 M Per Botol

Kompas.com - 09/09/2008, 10:21 WIB

MOSKWA, SELASA — Sebanyak 200 botol sampanye yang terpendam di dasar laut selama lebih dari 80 tahun dijual 156.000 poundsterling (sekitar Rp 2,5 miliar) per botol di sebuah hotel di Rusia.

Sampanye penuh gelembung keluaran tahun 1907 itu sebenarnya dikirim untuk keluarga kerajaan Rusia tahun 1916 dari pabriknya di Heidsieck, Perancis. Namun, kapal yang mengangkutnya terlebih dulu tenggelam di lepas pantai Finlandia sebelum mencapai Moskwa.

Kapal yang karam itu lantas ditemukan oleh sekelompok penyelam pada 1997 silam. Mereka menemukan botol-botol tersebut masih dalam keadaan tertutup dan tanpa kerusakan. Botol-botol sampanye itu lantas dibeli manajemen Hotel Ritz-Carlton,  Moskwa.

Hotel itu memasukkan sampanye berumur 80 tahun itu dalam daftar menu mereka dengan harga 700.000 rubel (Rp 2,5 miliar) per botol yang diharapkan bisa menarik minat para triliuner yang menginap. Hotel Ritz-Carlton di Moskwa adalah satu dari 10 hotel paling mahal di dunia. Harga sebuah kamarnya mencapai lebih dari 10.000 poundsterling (Rp 165 juta) per malam. (iht/van)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com