Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gustav Menyapu seperti Bom di Hiroshima

Kompas.com - 04/09/2008, 04:37 WIB
 
HAVANA, RABU - Media massa lebih fokus pada dampak terjangan topan Gustav di New Orleans, Amerika Serikat. Mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro, menggambarkan, Gustav meluluhlantakkan sebagian wilayah Kuba.

”Kerusakan itu mirip seperti kehancuran Hiroshima, yang saya lihat sendiri pada kunjungan saya setelah serangan bom atom tahun 1945,” kata Castro di sebuah situs berita pemerintah, Havana, Rabu (3/9).

Bencana itu membuat pemerintah berjuang memberikan makanan kepada para pengungsi di Pulau Youth yang berpenduduk 86.000 jiwa.

Gustav menerjang Kuba barat, Minggu (31/8), dengan kecepatan angin 220 kilometer per jam, atau pada kategori 4, sebelum menuju New Orleans. Sekitar 100.000 rumah, termasuk di Pulau Youth, dan lahan pertanian tembakau hancur.

New Orleans menjadi sasaran terakhir terjangan Gustav. Dampak Gustav juga terjadi di radius 300 kilometer dari New Orleans. Kerusakan New Orleans tak separah terjangan Katrina. Namun, Wali Kota New Orleans Ray Nagin memberikan beberapa peringatan bahwa rumah-rumah masih belum dialiri listrik, toilet belum berfungsi, dan jalan yang belum sepenuhnya dibersihkan akibat tumbangnya pohon. Sebanyak 2 juta orang mengungsi menghindari Gustav.

”Menurut pendapat saya, kota ini masih sangat rentan,” ujar Nagin, yang akhirnya dengan terpaksa memberikan izin kepada warga untuk pulang. Beberapa sudut jalanan di Louisiana yang menuju New Orleans sesak dengan angkutan.

Ketiadaan listrik menjadi masalah besar di New Orleans dan Louisiana. Lebih dari separuh penduduk atau sekitar 1,4 juta rumah tangga tidak mendapatkan aliran listrik. Sambungan listrik diperkirakan akan pulih dalam beberapa pekan. Tiang-tiang listrik juga roboh terempas topan Gustav.

Fasilitas di pelabuhan New Orleans juga rusak berat dihantam topan Gustav. Pada Rabu waktu setempat, baru sedikit toko yang dibuka, seperti toko kelontong dan pompa bensin.

Di Mississippi ada 92.000 rumah yang belum dialiri listrik. Banyak penduduk waswas. Rumah-rumah di kawasan delta Sungai Mississippi kehilangan atap dan terendam air. Gustav juga merusak sebagian rumah di Pointe-Aux-Chenes, kota nelayan kecil. Di kota-kota kecil, sebagian besar jalan di pesisir belum dapat dilalui.

Florida siaga Hanna

Menjelang topan Hanna, yang datang menyusul Gustav, Gubernur Florida Charlie Crist sudah menyatakan keadaan darurat. Hanna diperkirakan akan menerjang Florida pada akhir pekan ini.

Crist menyatakan hal itu agar warga Florida waspada dan bersiap-siap terhadap potensi bahaya akibat terjangan Hanna dan juga badai Ike dan Josephine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com