Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McCain Butuh Terminator

Kompas.com - 28/08/2008, 10:09 WIB

WASHINGTON, KAMIS - Arnold Schwarzenegger, bintang laga Hollywood, California, yang beralih jadi gubernur, mungkin menjadi pembicara utama pada pembukaan Konvensi Nasional Partai Republik, yang dimulai Senin (1/9) di St. Paul, Minnesota.  
    
Beberapa pejabat Partai Republik berharap kehadiran Schwarzenegger, dari Partai Republik dengan seruan khusus kepada pemilih independen dan konservatif liberal dalam upayanya untuk mencari keseimbangan politik antara Demokrat dan Republik, akan mengimbangi dampak dari dua pembicara lain pada acara pembukaan konvensi itu.
    
Presiden George W. Bush dan Wakil Presiden Dick Cheney, yang angka popularitasnya berada pada posisi terendah pada kisaran 30 persen, dijadwalkan berpidato saat konvensi Senin malam.       
    
Namun kemunculan Schwarzenegger di Minnesota bukan jaminan, karena Gubernur California tersebut menjanjikan McCain bahwa ia hanya dapat berbicara dalam konvensi itu jika krisis anggaran saat ini di dewan legislatif negara bagian tersebut diselesaikan saat itu.
    
"Saya tersanjung untuk melakukan apa saja guna membantu dia menang, tapi negara bagian dan anggaran adalah yang paling penting," kata Schwarzenegger pekan lalu di California, setelah beberapa pejabat Partai Republik mengumumkan jajaran pembicara mereka dalam konvensi.
    
Meskipun kesepakatan anggaran hingga akhir pekan tampaknya tak mungkin dicapai karena anggota parlemen negara bagian tersebut menghadapi kebuntuan mengenai masalah pengeluaran, penyelenggara konvensi masih berharap Schwarzenegger dapat hadir ketika konvensi dibuka pada Senin, yang bersamaan dengan liburan Hari Buruh.
    
Beberapa pengamat mengatakan upaya untuk menghadirkan Schwarzenegger dalam konvensi di hadapan pemirsa televisi di seluruh negeri itu adalah tindakan cerdik bagi kampanya McCain, karena  itu akan memperlihatkan bahwa kubu Republik bukan hanya peduli pada kubu partai tersebut, tapi juga pada semua pemilih.
    
Sementara itu, dua wakil dari pihak perempuan Silicon Valley termasuk di antara pembicara mengenai masalah ekonomi selama empat-hari Konvensi Nasional Partai Republik sebagai bagian dari upaya Partai Republik untuk merangkul pemilih yang prihatin dengan kondisi ekonomi AS.
    
Mantan kepala pelaksana Hewlett-Packard Carly Fiorina dan mantan CEO eBay Meg Whitman diduga akan tampil dalam konvensi Rabu malam bersama pewaris multijutawan istri McCain, Cindy, dan calon wakil presidennya.
    
Dua wanita pengusaha kenamaan itu di Amerika telah menjadi pendukung kuat McCain dalam beberapa bulan belakangan, dan kubu McCain berharap mereka dapat menarik perempuan pemilih dan yang pro-Demokrat, dan menangkis kecaman baru-baru ini dari kubu Demokrat bahwa McCain "tak menyentuh" masalah ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com