Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musuh Obama Menyusup di Arena Konvensi

Kompas.com - 27/08/2008, 12:16 WIB

DENVER, RABU — Partai Republik melancarkan serangan ke kubu Demokrat yang sedang menggelar konvensi nasional yang menetapkan Barack Obama sebagai kandidat presiden.

Serangan ini dilancarkan Mitt Romney, kandidat presiden yang gagal dan sekarang menjadi kandidat potensial mendampingi John McCain sebagai calon presiden. Ia menggelar jumpa pers di Denver, tempat berlangsungnya konvensi Partai Demokrat.

"Amerika Serikat di bawah Obama akan berkurang kemakmurannya dan semakin tidak aman," kata Romney yang mengundurkan diri dari persaingan di Partai Republik, Februari, lalu mendukung John McCain. Ia mengutip kampanye Obama yang mendukung kenaikan pajak, kenaikan anggaran pemerintah, dan janjinya akan berunding dengan negara-negara 'nakal'.

Romney juga mengecam keputusan Demokrat memilih Obama. "Barack Obama memang menari dan merupakan orang baik dengan keluarga yang menyenangkan. Tetapi ia belum siap menjadi presiden," kata mantan Gubernur Massachussetts.
       
Aksi Romney itu tidak hanya menyenggol Partai Demokrat. Setelah berkampanye di bunker Republik, Romney menggelar wawancara dengan televisi kabel di Pepsi Center, tempat konvensi Demokrat digelar. Namun, ia menegaskan, aksinya itu tidak untuk mempromosikan diri sebagai calon wapres, tetapi semata ingin mendukung McCain. "Saya tidak sedang mempromosikan kualifikasi saya atau menyembunyikan  kelemahan saya agar bisa ikut McCain," katanya.        

Tokoh Republik lain yang juga berpotensi menjadi pendamping McCain, yaitu Gubernur Minnesota Tim Pawlenty, dijadwalkan berkampanye di Denver, Kamis (28/8). Sama seperti Romney, kampanye ini juga ditujukan untuk menyerang Obama. McCain sendiri diperkirakan akan mengumumkan nama pendampingnya dalam waktu dekat dan bisa jadi dilakukan ketika Obama masih berkutat di Denver.          

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com