Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbu Masa Lalu dan Masa Kini

Kompas.com - 20/08/2008, 03:00 WIB

A Tomy Trinugroho

Kota terlarang adalah komponen penting dari ibu kota China, Beijing. Didirikan pertama kali pada 1406 hingga 1420, Kota Terlarang atau Forbidden City yang meliputi total area 72 hektar adalah salah satu simbol utama kejayaan bangsa China pada masa silam.

Dahulu Kota Terlarang adalah tempat yang sangat tertutup. Hanya Kaisar China, kerabatnya, dan orang- orang tertentu yang bisa masuk serta tinggal di kompleks istana nan megah itu.

Kini tak ada lagi kerahasiaan di Kota Terlarang yang pernah menjadi tempat kediaman 24 kaisar dari Dinasti Ming dan Qing. Setiap hari ribuan orang datang mengunjungi Kota Terlarang. Setiap sudut Kota Terlarang bebas dipotret. Setiap sudut Kota Terlarang sekarang bebas dimasuki oleh turis sambil makan es krim atau mungkin sambil mengunyah permen karet.

Meski begitu, bersama Lapangan Tiananmen, Kota Terlarang tetaplah ikon penting kota Beijing. Bahkan, keberadaan simbol modernitas Beijing paling mutakhir, yakni Olympic Green atau Taman Olimpiade, tetap memiliki pertalian erat dengan Kota Terlarang.

Sumbu khayal selatan-utara

Kota Terlarang adalah bangunan utama di dalam sumbu khayal selatan-utara kota Beijing. Dahulu kala sumbu ini bermula di Gerbang Yongdimen, gerbang kota paling selatan yang sekarang sudah tak ada lagi bekasnya.

Ke utara sedikit ada Gerbang Zhengyangmen atau Gerbang Qianmen. Setelah itu, terdapat Gerbang Tiananmen, yang bercirikan adanya foto besar mantan pemimpin China, Mao Zedong, dan Gerbang Duanmen, yang berada persis di depan Istana Kota Terlarang.

Dari Gerbang Duanmen, sumbu khayal selatan-utara mengantar kita pada gerbang paling selatan Istana Kota Terlarang, yakni Gerbang Wumen. Sumbu khayal selatan-utara kemudian berlanjut dengan membelah secara simetris Istana Kota Terlarang.

Pada suatu siang, pekan lalu, Kota Terlarang dipenuhi oleh begitu banyak turis. Mereka umumnya datang dengan kereta bawah tanah jalur 1 dan berhenti di Stasiun Tiananmen Timur atau mungkin di Stasiun Tiananmen Barat. Stasiun ini berada tak jauh di depan Gerbang Tiananmen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com