Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser untuk Ultah Mandela

Kompas.com - 29/06/2008, 01:45 WIB

 

 

london, sabtu - Artis-artis dunia memeriahkan konser yang dipersembahkan bagi ulang tahun Nelson Mandela, ikon anti-apartheid dan penerima Nobel Perdamaian, di Hyde Park, London, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu (28/6) WIB. Mandela akan berusia 90 tahun pada 18 Juli.

Aktor Will Smith, penyanyi Leona Lewis, Annie Lennox, Amy Winehouse, Queen, pembalap Formula 1 Lewis Hamilton, dan sederet bintang top dunia menghibur 46.664 penonton yang hadir dalam konser tersebut. Dua puluh tahun lalu, saat Mandela berusia 70 tahun, konser serupa digelar di Stadion Wembley untuk menekan otoritas Afrika Selatan agar membebaskan Mandela.

Setelah penonton menyanyikan lagu selamat ulang tahun, Mandela tampil ke panggung. Dia tampak lemah dan harus dibantu naik ke panggung oleh istrinya, Graca Machel. Namun, pidato singkatnya disambut gemuruh tepuk tangan.

”Suara Anda semua dibawa aliran air untuk menginspirasi kami di dalam sel penjara nun jauh di sana. Kami merasa terhormat bisa kembali ke London untuk perayaan hebat ini,” kata Mandela.

”Meski kita bergembira, marilah kita mengingatkan diri bahwa pekerjaan kita masih jauh dari selesai. Di mana ada kemiskinan dan penyakit, di mana manusia ditindas, lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Karya kita untuk kebebasan bagi semua,” ujarnya.

”Kami katakan malam ini setelah hampir 90 tahun hidup, inilah saatnya tangan-tangan baru mengangkat beban itu. Sekarang semua di tangan Anda,” kata Mandela.

Penyanyi Amerika Serikat, Josh Groban, tampil bersama paduan suara Soweto Gospel Choir, yang juga tampil saat konser di Stadion Wembley. Di belakang mereka tampil Lennox, bintang reggae Eddy Grant, grup Sugababes, dan artis-artis Afrika. (ap/afp/reuters/fro)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com