Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Lapangan Tiananmen Diperketat

Kompas.com - 05/05/2008, 22:13 WIB

BEIJING, SENIN - Beijing memperketat pengamanan di sekitar Lapangan Tiananmen menjelang Olimpiade 2008. Peraturan baru Pemerintah Kota Beijing melarang orang membawa benda yang dinilai berbahaya seperti senjata, peledak, pisau, serta benda lainnya yang dapat mengganggu keamanan umum.

Peraturan baru itu memang tidak menyebut secara khusus Olimpiade, namun dikeluarkan di tengah berbagai upaya memperketat keamanan di dalam dan di sekitar Kota Beijing, menjelang Olimpiade 2008. Larangan membawa benda-benda yang membahayakan diundangkan bulan lalu, tetapi diumumkan baru Senin (5/5).

Peraturan baru yang sama juga mengizinkan pihak berwajib mengambil langkah daru rat guna membubarkan kerumunan orang. Peraturan baru ini intinya memberi basis hukum yang lebih jelas kepada pihak berwajib untuk mengambil langkah tegas.

Lapangan Tiananmen merupakan lokasi yang sangat bersejarah. Pada era modern, area yang sangat simbolik ini sering dipakai banyak kelompok dalam menyuarakan protes mereka kepada pemerintah China.

Pada 1989, gerakan pro-demokrasi yang dimotori mahasiswa melakukan demonstrasi di Lapangan Tiananmen. Demontrasi ini akhirnya dipatahkan oleh tentara China. Lap angan Tiananmen juga digunakan kelompok Falun Gong serta pendukung kemerdekaan Tibet dalam menyuarakan protes mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com