Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari! Miss Tourism Indonesia

Kompas.com - 12/04/2008, 08:02 WIB

JAKARTA, SABTU -- Setelah ajang pemilihan Puteri Indonesia dan Miss Indonesia, satu lagi ajang pemilihan putri hadir di Tanah Air, yakni Miss Tourism Indonesia.

Hanya saja, kontes ini lebih dikhususkan untuk menjaring calon puteri yang benar-benar memahami budaya lokal, tempat mereka berasal.  Pemenang yang terpilih sebagai Miss Tourism Indonesia, nantinya akan menjadi wakil Indonesia di ajang kontes Miss Tourism International yang akan digelar pada akhir tahun ini. 

Menurut Johnnie Sugiarto, chairman yayasan EL JOHN Indoensia, pemegang hak penyelenggaran Miss Tourism di Indonesia, ajang pemilihan Miss Tourism tingkat nasional rencananya akan pusatkan di The Batavia Hotel, Jakarta, pada 5 Juli mendatang.    "Karena ini baru pertama kali diselenggarakan, tiap daerah bebas mengirimkan pesertanya. Artinya jumlah peserta tidak dibatasi dan siapa pun bisa mendaftarkan diri secara pribadi," katanya di Jakarta, Jumat (11/4). 

Menurut Johnnie, lewat ajang Miss Tourism Indonesia ini mencoba menjadikan kebudayaan sebagai ujung tombak pariwisata di Tanah Air. "Ajang ini lebih menekankan pada pendekatan budaya. Peserta diharapkan selain memiliki kecerdasan, cantik dan ramah, tapi juga memiliki pengetahuan yang luas tentang kebudataan daerahnya," katanya.

Dewan juri, kata Johnnie, akan memberikan bobot penilaian yang lebih tinggi terhadap pengetahuan kebudayaan para peserta. "Bobot penilaian mengenai pengetahuan kebudayaan sebesar 40 persen, sementara pariwisata 30 persen," katanya.

Johnnie menegaskan kriteria peserta pada ajang ini adalah warga negara Indonesia, belum menikah, berusia 17 - 25 tahun dan memiliki tinggi badan minimal 165 cm. Untuk informasi lebih lanjut peserta dapat mendownload formulir pendaftaran melalui situs www.misstourismindonesia.com atau melalui layanan SMS 085268858888     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com