Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Kritisi Sistem Keuangan Publik AS

Kompas.com - 12/04/2008, 02:40 WIB

INDIANAPOLIS, SABTU - Sistem keuangan publik Amerika Serikat "rapuh" dan perlu diperbaharui. Senator Barack Obama menyampaikan argumentasi tentang kemungkinan melepas sistem keuangan publik pendanaan kampanye untuk Gedung Putih yang telah berjalan selama 3 dasawarsa itu.

Obama menilai jumlah dana yang terbatas dari dana yang tersedia di keuangan federal untuk kampanye  menimbulkan sejumlah pilihan sulit bagi para kandidat presiden dalam mengumpulkan dana dalam jumlah besar. "Kurasa sistem keuangan ini rapuh," komentar Obama terhadap program yang terkumpul lewat penyisihan pajak sebesar 3 dolar AS itu.

"Jumlah dana yang terkumpul dari sistem keuangan publik itu kemungkinan secara substansial lebih rendah dari jumlah dana yang dapat digalang lewat Internet," tambah Obama. Tahun 2008 ini, kandidat presiden AS berhak mendapatkan dana publik untuk mengikuti pemilihan umum senilai 84 juta dolar AS.

Berbicara di hadapan para penyandang dana di Washington pekan ini, Obama membandingkan sistem keuangan publik AS dengan penggalangan dana yang dilakukannya. Pernyataan tersebut memicu timbulnya spekulasi apakah Obama akan menjadi orang pertama yang tidak menggunakan sistem keuangan publik yang telah berjalan selama 3 dasawarsa apabila ia meraih nominasi partai Demokrat.

Namun, Obama menjelaskan belum mengambil keputusan mengenai rancangan dana pemilunya. Obama menjelaskan apabila berhasil merebut nominasi maka ia akan menemui John McCain, yang diperkirakan akan meraih nominasi Republik, untuk membahas cara mengurangi pengaruh kelompok-kelompok yang berada di luar pemilihan presiden dalam pengumpulan dana. Obama selama ini telah menerima dana sebesar 234 juta dolar AS dari 1,3 juta pendonor.

McCain mencoba mengambil langkah untuk menerima dana publik dengan mengembalikan dana yang telah dikumpulkan selama ini untuk pemilu AS. Juru bicara McCain, Tucker Bounds menerangkan tim kampanyenya akan selalu terbuka untuk berdiskusi dengan Barack Obama. Namun, Tucker Bounds menjelaska McCain telah jelas-jelas menaruh komitmen terhadap pemakaian keuangan publik di pemilu apabila meraih nominasi partai. "Kuharap McCain memegang perkataannya itu," ujar Tucker Bounds. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com