Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Pangkas Margin Dukungan Hillary di Pennsylvania

Kompas.com - 09/04/2008, 02:19 WIB

WASHINGTON, RABU - Kandidat presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat Barack Obama berhasil memangkas suara dukungan terhadap rivalnya Hillary Clinton di Pennsylvania menjelang diselenggarakannya pemilihan awal partai Demokrat bulan April ini di negara bagian sebelah timur AS tersebut. Menurut hasil jajak pendapat terbaru yang di dikeluarkan oleh Universitas Quinnipiac, margin dukungan terhadap Hillary Clinton di kalangan pendukung perempuan menurun menjadi 54 berbanding 41 persen setelah sebelumnya berada di posisi 54 berbanding 37 persen.

Berdasarkan hasil jajak pendapat Universitas Quinnipiac, Hillary memimpin margin dukungan terhadap senator Illinois tersebut  50 berbanding 44 persen. Tepat pekan lalu, Hillary memimpin margin dukungan 9 poin dari Obama setelah sebelumnya keunggulan margin itu mencapai 12 poin pada pertengahan Maret 2008.

Hasil jajak pendapat menunjukkan Obama meraih dukungan dari kalangan perempuan, yang selama ini dinilai menjadi basis dukungan bagi Hillary. Hasil jajak pendapat juga mengungkap bahwa Obama berhasil memangkas dukungan Hillary Clinton dari pemegang suara kulit putih.

Margin dukungan terhadap Hillary dari warga kulit putih menurun menjadi 56 berbanding 38 persen, setelah pekan lalu berada pada 56 berbanding 34 persen. Obama memimpin perolehan dukungan suara dari warga kulit hitam, 75 persen diantaranya mendukung senator Illinois ini sementara 17 persen mendukung istri mantan presiden AS Bill Clinton tersebut.

Dua kandidat presiden dari partai Demokrat ini bersaing ketat untuk mengumpulkan delegasi yang cukup guna memenangkan nominasi partai serta pemilihan presiden November 2008 guna menghadapi lawan dari partai Republik John McCain.

Secara nasional, selama ini Obama mengumpulkan 1.637 delegasi ketimbang Hillary Clinton yang mengumpulkan 1.502 delegasi. Sementara jumlah yang diperlukan untuk memenangkan nominasi presiden dari partai Demokrat adalah 2.025 delegasi.

Hillary memerlukan kemenangan besar di Pennsylvania dalam pemilihan awal 22 April 2008 untuk tetap mempertahankan kampanyenya menuju nominasi partai Demokrat. Hasil jajak pendapat  Universitas Quinnipiac tersebut menunjukkan ambisi Hillary untuk meraih kemenangan mengesankan di Pennsylvania seperti yang diyakininya itu mengalami tekanan besar dari Obama. Survei yang dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 6 April lalu ini melibatkan 1.340 responden dan bermargin kesalahan 2,7 persen. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com