Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Doakan Cory Aquino

Kompas.com - 25/03/2008, 11:35 WIB

MANILA, SELASA - Gereja Katolik Roma dan sejumlah pemimpin politik Filipina menyerukan kepada seluruh negeri agar berdoa untuk kesembuhan Corazon 'Cory' Aquino. Mantan presiden itu saat ini sedang tidak berdaya karena digerogoti kanker usus besar.

Kondisi kesehatan itu diumumkan Kris Aquino, putri Cory, melalui pernyataan televisi, Senin (24/3) malam. Menurut Kris, ibunya yang berusia 75 tahun itu sedang menjalani perawatan, tetapi ia tidak memberikan detailnya. Ia minta media menghormati privasi keluarga itu.

Ibu rumah tangga yang sederhana itu memilih terjun ke politik Filipina yang keras setelah suaminya Benigno tewas ditembak ketika kembali dari pengasingan pada 1983. Ia pun sukses menggulingkan pemerintahan diktator Ferdinand Marcos pada 1986. Ia disumpah sebagai presiden baru pada 25 Februari tahun itu juga dan memimpin Filipina hingga 1992.
       
Kris, dengan terbata-bata menahan tangis, mengumumkan bahwa ibunya menjalani berbagai pemeriksaan setelah mengalami tekanan darah tinggi, sulit bernapas dan demam pada libur Natal lalu. Gejala itu diikuti batuk terus menerus, hilang nafsu makan dan berat badan susut.
       
"Hasil pemeriksaan menunjukkan ibu kami menderita kanker usus besar. Kami mohon doa Anda sekalian untuk kesembuhan ibu saya," kata Kris.
       
Tak berapa lama kemudian dukungan pun mengalir dari banyak kalangan. Gereja Katolik mengumumkan akan menggelar misa khusus di seminari, Selasa hari ini. Tokoh berpengaruh pada Konferensi Uskup Katolik, Angel Lagdameo, mengatakan akan memberikan jaminan pribadi doa untuk Cory.
       
"Seluruh negara berdoa untuk beliau, karena pada saat-saat genting, beliua berdiri membela demokrasi dan memimpin people power," kata pastor Jesuit terkemuka, Romeo Intengan.
              
Setelah mundur pada 1992, Cory masih aktif di kegiatan politik dan sosial. Terakhir, ia ikut dalam pawai menuntut mundur Presiden Gloria Arroyo yang diduga terlibat korupsi dan pencurangan pemilu. Cory sebelumnya punya andil dalam 'people power' kedua untuk menggulingkan Presiden Joseph Estrada dan menaikkan Arroyo. Arroyo mengikuti doa untuk kesembuhan Cory, begitu juga dengan  Estrada.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com