Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Tebal Benamkan Ohio

Kompas.com - 09/03/2008, 13:28 WIB

COLUMBUS, MINGGU - Badai salju melanda ibukota Ohio, Columbus Sabtu waktu setempat atau Minggu (9/3) ini WIB. Tumpukan salju yang mencapai lebih dari 20 inci atau tertebal sejak Februari 1910 telah mengakibatkan lumpuhnya sejumlah jalan raya. Hembusan angin kencang yang disertai oleh turunnya salju telah mengurangi jarak pandang hingga seperempat mil serta mengakibatkan sejumlah pengemudi kendaraan bermotor terjebak di tengah derasnya hujan salju di jalan raya atau tidak dapat meneruskan perjalanan.

Pemerintah setempat Ohio mendesak agar penduduknya tidak turun ke jalan dengan kendaraan mereka. Sekitar 9 wilayah di Ohio telah menyatakan sejumlah jalan raya tertutup bagi pengemudi kendaraan bermotor. Itu artinya siapapun yang kedapatan mengemudikan kendaraan akan ditahan kecuali bagi pengemudi yang terpaksa turun ke jalan dengan alasan darurat.

Badai salju juga mengakibatkan banyak penerbangan ke dalam atau luar Ohio ditunda maupun dibatalkan. Sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Cleveland Hopkins dibatalkan. Seluruh kru bandara ditugaskan membersihkan landasan dari tumpukan salju. Bandara  Cleveland Hopkins  yang melayani 250 penerbangan setiap harinya pada akhir pekan dijadwalkan akan dibuka kembali operasinya pada pukul 05.00 pagi waktu setempat atau 17.00 WIB nanti.

 Aktivitas belajar dan mengajar seperti di Universitas Louisville juga dibatalkan pada hari Sabtu waktu setempat. Ratusan orang lainnya terpaksa membatalkan aktivitas akhir pekan, termasuk kejuaraan basket siswi sekolah menengah atas di Columbus dan beberapa pertandingan basket lainnya di Kentucky.

"Bencana banjir diperkirakan dapat terjadi apabila cuaca panas datang secara tiba-tiba," kata Nancy Dragony, direktur Badan Pemulihan Bencana Ohio. "Semoga salju tidak langsung meleleh sehingga aliran air bisa bertahap turun ke sungai atau lokasi penampungan air lainnya," katanya. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com