Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Kejora Berkibar Di Manokwari

Kompas.com - 03/03/2008, 09:33 WIB

Laporan wartawan Kompas Ichwan Susanto

MANOKWARI, SENIN - Simbol perjuangan Papua Merdeka, yakni Bendera Bintang Kejora, Senin (3/3), berkibar dalam rombongan demonstran yang dikoordinir Otorita Nasional Papua Barat. Kepolisian yang dipimpin Kepala Polres Manokwari Ajun Komisaris Besar Yakobus Marjuki menyita sedikitnya tiga bendera bintang kejora.

Sekitar 80-an demonstran ini sebenarnya ingin menyampaikan keberatan atas dikeluarkannya PP 77/2007 tentang penggunaan simbol daerah. Mereka berpendapat PP77 mengebiri kebebasan dan hak adat orang Papua.

Di tengah orasi yang diisi yel-yel "Papua Merdeka" ini tiba-tiba kepala polres dan satu truk anggota dalmas datang. Kepala Polres langsung meminta demonstran pembawa bintang kejora bertanggung-jawab. "Sesuai peraturan, saya tidak mengizinkan dan tidak memperkenankan bendera bintang kejora berkibar. Kalau soal hukum dalam PP77, silakan ke MK. Tempuh jalur hukum, " ujar Yakobus Marjuki.

Ketika ditanya siapa yang bertanggung-jawab, massa yang ditempa kegerahan akibat terik matahari serentak menjawab, " Kami semua bertanggung-jawab". Hingga siang pukul 11.00, demo masih berlangsung. Kepala polres juga masih memantau aksi yang dilakukan serentak di Jayapura, Sorong, dan Manokwari. Juru Bicara Otorita Nasional Papua Barat, Jack Wanggai mengataan aksi serupa juga digelar di Bali, Yogya, dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com