Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Karun Hitler Sedang Diburu

Kompas.com - 26/02/2008, 20:52 WIB

DEUTSCHKATHARINENBERG, SELASA - Para pemburu harta asal Jerman saat ini menggali sesuatu yang mereka sebut sebagai harta karun rampasan milik Nazi.

Wali kota setempat Hans Peter Haustein dan seorang pria yang menemukan koordinat benda terpendam dalam sebuah buku catatan tua milik ayahnya, mengatakan bahwa lewat sebuah pemindaian, mereka menemukan bongkahan logam sekitar 20 yard di dalam tanah. Dengan detektor logam canggih, mereka yakin bongkahan logam itu merupakan emas atau perak.

Selasa (26/2), sebuah perusahaan pengeboran sedang mempersiapkan diri di lokasi di negara bagian Sachsen yang tak jauh dari perbatasan dengan Republik Ceko itu. Mereka mengebor tanah untuk menyelipkan kamera untuk memastikan benda apa itu sebenarnya.

Haustein, pemburu harta amatir yang juga anggota partai oposisi Partai Demokrat Bebas itu mengatakan, proses itu bisa memakan waktu beberapa hari, tergantung berapa tebal batu yang harus ditembus.

"Kami tidak didesak waktu. Yang penting segala sesuatunya berlangsung aman, kami tidak bisa membiarkan sesuatu terjadi," ujar Haustein.

Haustein telah bekerja bersama Christian Hanisch untuk menemukan harta karun itu selama delapan pekan. Hal itu setelah Hanisch menemukan buku catatan sang ayah yang mantan operator radio Luftwaffe (armada tempur udara Jerman) yang meninggal tahun lalu.

Haustein mengatakan pekan lalu bahwa ia yakin telah menemukan harta karun yang disebut sebagai Amber Room. Namun ia kemudian mengakui ada kemungkinan lain bahwa benda itu merupakan 'harta budaya' yang tidak terlihat dengan detektor logam.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com