Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duel Obama dan Hillary Semakin Seru

Kompas.com - 17/02/2008, 12:11 WIB

MILWAUKEE, MINGGU - Kandidat presiden dari partai Demokrat Barack Obama dan Hillary Clinton saling menyerang soal kebijakan mereka di bidang ekonomi saat berjuang merebut dukungan di Wisconsin. 

Hillary untuk pertama kalinya berkampanye di Wisconsin. Hillary mengumumkan akan memotong anggaran dari kampanyenya yang berlangsung hingga sehari di Wisconsin. Pemotongan anggaran itu menimbulkan sejumlah pertanyaan terhadap sikap optimistis Hillary untuk memenangkan pemilihan awal di negara bagian tersebut. 

Suami Hillary, mantan presiden AS Bill Clinton telah lebih dahulu berada di Wisconsin. Sementara putri mereka Chelsea akan berada di Wisconsin selama kampanye. "Kami akan berada di Wisconsin sampai Senin (18/2) dan memberikan keterangan pers tentang segala sesuatunya yang berkaitan dengan kampanye," jelas Hillary kepada beberapa wartawan saat singgah di sebuah restoran di Kenosha.

Barack Obama, yang berhasil mengalahkan Hillary pada 8 pemilihan awal sebelumnya, telah unggul dalam duel merebut kursi nomine Demokrat untuk maju ke pemilihan umum November 2008. Obama telah berada 4 hari di Wisconsin dan lebih sedikit unggul dari Hillary dalam jajak pendapat di Wisconsin. Hillary memfokuskan diri pada pemilihan awal 4 Maret di Ohio dan Texas untuk bangkit bersaing melawan Obama dalam merebut dukungan lebih banyak dari Obama.

Hillary tetap berpijak pada kritiknya terhadap Obama yang menolaknya untuk mengikuti debat sebelum diadakan pemilihan awal di Wisconsin. Dalam tayangan kampanye lewat media iklan, Hillary menyatakan : "Ada perbedaan pandangan nyata yang seharusnya saya dan Obama jajaki dan penduduk Wisconsin layak mendapatkan jawaban dari perbedaan pandangan tersebut."

Obama tidak ketinggalan menggencarkan iklannya untuk merespon serangan kritik Hillary. "Setelah 18 debat, dan 2 rencana debat berikutnya, Hillary menyatakan Obama mengabaikan debat? Ini adalah politik lama yang diterapkan oleh Hillary," kata seorang juru kampanye dalam iklan kampanye terbaru Obama.

Obama membantah kritik Hillary bahwa ia hanya bicara tetapi tidak disertai dengan tindakan nyata. "Pertanyaannya adalah bukan siapa yang mempunyai kebijakan. Tetapi, pertanyaannya sekarang adalah siapa yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan AS dan menyatukan masyarakat AS," tegas Obama dalam sebuah kampanye di Eau Claire, Wisconsin.

Partai Demokrat ikut serta dalam pemilihan awal di Hawaii, Selasa (19/2) dan Obama yang dilahirkan di negara bagian tersebut diperkirakan akan memenangkan dukungan suara dari pemilihan tersebut. Wisconsin dan Hawaii mempunyai 94 delegasi gabungan yang bertugas menseleksi nomine pada konvensi Demokrat di bulan Agustus 2008. (Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com