Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush: McCain Harus Yakinkan Dia Konservatif Tulen

Kompas.com - 11/02/2008, 03:26 WIB

WASHINGTON, SENIN — Presiden AS George W Bush akhirnya angkat bicara soal calon penggantinya, khususnya John McCain, calon terkuat Partai Republik.

Bush mengatakan McCain harus berupaya sangat keras untuk meyakinkan orang-orang konsevatif Partai Republik bahwa ia adalah bagian dari komunitas itu. "McCain sangat kuat soal pertahanan nasional. Ia juga kuat soal fiskal. Ia yakin pemotongan pajak harus permanen. Ia pro-kehidupan. Sepengetahuan saya, prinsip-prinsipnya kuat dan masuk akal," kata Bush dalam wawancara dengan Fox New Sunday, Minggu (10/2) atau Senin (11/2).

Tetapi ketika ditanya tentang kritik dari pengamat konservatif Rush Limbaugh dan Ann Coulter, Bush mengatakan, "Saya pikir, kalau John dinominasikan, ia harus bisa meyakinkan orang-orang bahwa ia benar-benar orang konservatif tulen. Saya akan dengan senang hati membantu, bila dialah nominasinya."

"Kritik-kritik terhadap McCain itu muncul, mungkin, akibat adanya kebencian pribadi terhadap saya. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang seterusnya," kata Bush dalam wawancara yang direkam Sabtu (8/2) di Camp David itu.

Ketika ditanya soal kritik Mike Huckabee terhadap kebijakan luar negerinya, Bush menjawab enteng. "Anda gampang saja menemukan orang-orang yang terdengar berlawanan dengan saya. Namun poinnya, yang betul-betul menjadi masalah dalam kampanye adalah, apa yang sih keyakinan dasarnya?" kata Bush.

Sedangkan soal serangan yang dilancarkan calon-calon dari Demokrat, Hillary Clinton dan Barack Obama, Bush dengan yakin mengatakan, "Jika Demokrat merasa bisa menang dengan fokus menyerang saya, maka mereka membuat kesalahan taktik besar."

Soal Obama, Bush lebih sinis. "Saya sungguh tidak tahu apa yang dia yakini," katanya. Masih terkait Obama, Bush mengaku tidak sepakat dengan orang-orang yang menuduh Bill Clinton telah mengeluarkan pernyataan yang rasis saat menyerang Obama. "Saya sangat mengerti mengapa dia harus berkampanye sedemikian keras untuk sang istri," lanjutnya.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com