Penerbangan ke Bangka Meningkat

Kompas.com - 07/02/2008, 17:14 WIB
Editor

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhin

PANGKALPINANG, KAMIS - Perayaan Imlek, Kamis (7/2), Bandara Depati Amir diramaikan sekitar 11 kali penerbangan, diantaranya dua kali penerbangan tambahan. Kedatangan penumpang melalui Bandara Depati Amir lebih meningkat dari jumlah kedatangan dalam penerbangan yang normal sebanyak sembilan kali penerbangan.

"Kita perkirakan dengan ditambahnya dua extra flight, terdapat sekitar 1.200 hingga 1.500 penumpang. Sedangkan dalam keadaan normal setiap harinya hanya berkisar hingga 1.000 penumpang," ujar Kepala Cabang PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir di Bangka Belitung, Sudarmono kepada Bangka Pos Group, Rabu (6/2).

Dijelaskan Sudarmono, untuk penerbangan Rabu (6/2)
penerbangan pagi hingga sore dari Pangkalpinang Jakarta pesawat dipenuhi penumpang. "Memang terlihat seimbang, tetapi dalam hal ini masih banyak yang datang dan begitu pula yang berangkat juga ramai," ujarnya.

"Kita juga sudah lakukan antisipasi menjelang perayaan Imlek yang diserahkan kepada pihak airline dengan menyesuaikan keinginan penumpang," tambah Sudarmono.

Untuk arus balik, Sudarmono memperkirakan bakal terjadi pada Minggu (10/2). Di hari itu sedikitnya ada penerbangan ekstra.

Disambut Nuansa Imlek

Sementara itu sekitar pukul 11.05 WIB dan 11.17 WIB
pesawat Sriwijaya Air penerbangan reguler dan extra flight tiba. Yang disusul dengan mendaratnya pesawat AdamAir, dimana pesawat tersebut membawa penuh penumpang.

Kedatangan penumpang, Rabu (6/2) tersebut disambut
oleh dua putri yang mempergunakan gaun nuansa Shanghai di depan pintu masuk kedatangan. Bahkan penumpang diberikan kartu ucapan ukuran kecil bertuliskan Gong Xi Fat Cai 2559 dari tangan mungil tersebut. Tidak ketinggalan Kepala Cabang PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, Sudarmono bersama istri
dan staf menyambut kedatangan penumpang di Bandara Depati Amir.

Diantara penumpang yang datang, tampak penyanyi dangdut Tomi Ali yang tiba bersama Eva Luciana. Ditemui di ruang kedatangan Bandara Depati Amir, Tomi mengatakan dirinya melihat bahwa perayaan Imlek dan pulang kampung merupakan tradisi bagi masyarakat Bangka. Artis ibu kota kelahiran Desa Kenanga,
Kabupaten Bangka itu juga menganggap Gong Xi Fat Cai
memoliki arti untuk mempersatukan bangsa keturunan etnis yang pulang ke asal leluhurnya.

Tomi menambahkan selain berkenaan dengan perayaan imlek, kepulangannya ke Bangka juga berkaitan dengan profesinya sebagai penyanyi. Katanya, dia akan mengisi sebuah acaya perayaan imlek di Pangkalpinang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.