Usai Berdoa, Bagi-bagi Angpau

Kompas.com - 07/02/2008, 12:43 WIB
Editor

BANDARLAMPUNG, KAMIS - Warga Tionghoa di Lampung usai melaksanakan prosesi ibadah perayaan tahun baru Imlek 2559, Kamis, membagikan uang atau "angpau" kepada sejumlah pengemis yang telah berkumpul di vihara tersebut.

Berdasarkan pantauan di berbagai tempat di Bandarlampung, Kamis, perayaan Imlek selain dihadiri dan dirayakan oleh warga Tionghoa, juga terlihat puluhan pengemis yang mengharap rezeki dari pengunjung vihara yang sedang melaksanakan prosesi ibadah.

Di kawasan  Vihara Thay Hin Bio Teluk Betung -- salah satu vihara tertua di Bandarlampung -- para pengemis itu berjajar di luar pintu masuk vihara  untuk memperoleh rezeki dari para pengunjung.

Di antara mereka terdapat orang tua dan anak-anak,  lelaki maupun perempuan, bahkan ada yang menggendong bayi dengan membawa kaleng untuk dijadikan tempat uang.

Mereka, selain mengharapkan pemberian uang dari pengunjung vihara, juga mendapatkan angpau dari pengelola vihara. "Jumlah peminta-minta cukup banyak di vihara ini, mereka mengaharap rezeki dari pengunjung maupun pengelola vihara," kata salah seorang tukang parkir di kawasan itu, Rahmat.

Pengemis itu, sejak Rabu malam (6/2), telah hadir di Vihara Thay Hin Bio. Menurut Rahmat, pada perayaan Imlek tahun ini, selain pengemis, tukang parkir pun panen rezeki.

"Mobil dan motor banyak yang parkir di vihara ini sejak Sabtu malam hingga Minggu sore," kata dia.

Hingga siang ini, Vihara Thay Hin Bio masih dikunjungi warga Tionghoa yang melaksanakan prosesi ibadah pada tahun baru Imlek.

Prosesi ibadah dimulai sejak Rabu malam (6/2) dan berlanjut hingga Kamis. Selain prosesi ibadah juga diramaikan atraksi Barongsai.

Perayaan Imlek tahun 2008 juga dilaksanakan sejumlah vihara lainnya, seperti Vihara Banten dan Vihara Amurwa Bhumi Graha serta beberapa lainnya yang telah melakukan persiapan khusus untuk menyambut tahun baru Imlek.(ANT)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.