Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Cetak Rekor Dana Kampanye

Kompas.com - 01/02/2008, 10:31 WIB

LOS ANGELES, JUMAT - Kandidat presiden dari partai Demokrat mencetak rekor terbaru dana kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat. Menurut manajer kampanyenya David Plouffe, Obama berhasil mengumpulkan dana 32 juta dolar dari 650 orang selama masa kampanye Januari 2008.  

"Dukungan terhadap kubu Obama semakin menguat setelah berlangsung pemilihan awal di New Hampshire," jelas David Plouffe. Dalam kampanye yang akan menjadi termahal dalam sejarah pemilu AS itu, Obama berhasil mengumpulkan 103 juta dolar pada 2007.  
  
Senator Illinois yang berusaha menjadi presiden kulit hitam pertama di AS itu sebelumnya telah unggul dari rivalnya di partai Demokrat, Hillary Clinton, dengan mencatat rekor pengumpulan dana kampanye yang mencapai sekitar 32,5 juta dolar pada kwartal kedua 2007. Baik Obama dan Clinton telah terlibat persaingan ketat dan debat sengit untuk dapat lolos ke pemilihan presiden AS November 2008. 

" Tentu saja pengumpulan dana kampanye pemilu 2008 ini sangat dibutuhkan, kami telah mengiklankannya di negara-negara bagian yang akan ambil bagian pada 5 Februari nanti," ujar Plouffe menanggapi Super Tuesday saat 22 negara bagian akan menyampaikan suara secara serentak bagi kandidat presiden AS. "Kemampuan kami mengumpulkan dana sebesar ini akan sangat penting untuk menghadapi kalendar pemilu yang penuh tantangan," tandas Plouffe.

Jumlah dana kampanye dari pemilihan presiden pada tahun 2004 mencapai 693 juta dolar atau merupakan yang tertinggi dalam sejarah AS saat itu. Namun, perhitungan dana kampanye tahun ini telah melampaui rekor tersebut dan mencapai sekitar 1 miliar dolar. Bahkan majalah Fortune memproyeksikan dana kampanye tahun ini dapat mencapai 3 miliar dolar.  (AFP)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com