Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI Tawarkan Pengamanan Olimpiade Beijing

Kompas.com - 30/01/2008, 11:43 WIB

BEIJING, RABU - Biro penyelidik federal AS (FBI) menawarkan bantuan pengamanan dalam ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Beijing 2008 yang berlangsung mulai 8 Agustus 2008.

Robert Mueller, Direktur FBI berada di Beijing untuk membicarakan pengamanan Olimpiade bersama kepolisian China. "Saya sepenuhnya mengantisipasi bahwa Olimpiade akan aman. Saya terkesan dengan persiapan yang telah dibuat selama ini," kata Mueller dalam jumpa pers di Beijing, Rabu (30/1).

China saat ini memperlakukan Olimpiade ini sebagai ajang untuk mempertunjukkan kemajuan ekonomi dan sosialnya. Karena itu, berbagai langkah pengamanan diambil untuk menghadang kelompok-kelompok militan, oposisi dan demonstran.

Seorang pejabat senior kepolisian September lalu mengatakan ancaman terbesar terhadap Olimpiade adalah terorisme. Namun polisi hingga kini belum mengumumkan kelompok mana saja yang sedang mereka intai.

Aksi kekerasan mewarnai dua ajang Olimpiade. Sebuah bom meledak di Olimpiade Atlanta 1996 yang menewaskan satu orang dan melukai 100 lainnya. Sedangkan saat Olimpiade Munich 1972, 11 atlet Israel tewas saat diserang kelompok garis keras Palestina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com