Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bukan Main, Banteng Berenang Sejauh 90 Kilometer !"

Kompas.com - 11/01/2008, 17:19 WIB

Pernah melihat seekor banteng berenang sejauh 90 kilometer ? Memang, nampak janggal pertanyaan ini diajukan, namun kisah nyata ini setidaknya terjadi pada seekor banteng yang terbawa arus banjir yang sangat deras awal pekan ini di Australia.  

Barney, demikian sebutan nama untuk banteng yang berumur 2 tahun ini, terseret arus banjir akibat luapan Sungai Tweed, di sebelah utara negara bagian New South Wales sejak hari Minggu (6/1).  Pemiliknya, Dianne Baxter, semula mengira banteng peliharaannya itu tidak bertahan hidup setelah Barney lenyap terbawa banjir. Namun Dianne baru mendapatkan kepastian tentang nasib hewan peliharaannya hari Jum'at ini (11/1) setelah petugas pengawas kehutanan menelponnya untuk memberitahu Barney berhasil diselamatkan di muara Sungai Tweed yang mengarah ke lautan atau terletak sekitar 90 kilometer dari kandangnya. Identitas pemilik Barney dapat dikenali oleh petugas pengawas kehutanan dari untaian kalung di leher banteng tersebut.

"Sayang sekali Barney tidak bisa berbicara untuk menceritakan pengalaman yang dilaluinya. Yang dapat kita lakukan adalah membayangkan bagaimana Barney dapat bertahan hidup di tengah seretan arus banjir yang deras hingga sejauh 90 kilometer. Mungkin, Barney dapat bertahan hidup dengan bergantungan di atas balok atau ranting pohon yang turut terbawa arus Sungai Tweed," demikian tutur Dianne dalam wawancaranya di program televisi Australia, Channel Ten News. "Barney masih nampak trauma dan disorientasi," tambah Dianne.

Banjir yang saat ini telah mulai surut di New South Wales telah mengakibatkan kerusakan materi senilai 87,7 juta dolar AS. (AFP/JIM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com