Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Odinga Ngaku Saudara Obama

Kompas.com - 09/01/2008, 01:54 WIB

NAIROBI, RABU- Pemimpin oposisi Kenya Raila Odinga yang merasa dicurangi dalam pemilu Kenya Desember 2007 lalu mengaku masih mempunyai hubungan saudara dengan kandidat presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama. Odinga bahkan mengaku ditelpon Barrack Obama awal pekan ini. Menurut Odinga, Obama menawarkan dukungan terhadap dirinya yang merasa dipecundangi lewat pemilu Kenya.

"Ayah Barrack Obama sebenarnya masih sepupu dengan paman saya,"tutur Odinga yang menuduh  Mwai Kibaki telah memanipulasi pemilu untuk terpilih kembali sebagai presiden Kenya. "Obama menelpon saya dua kali selama mengikuti kampanye di partai demokrat untuk menyampaikan keprihatinan terhadap hasil pemilu Kenya," tambah Odinga.

Menurut Odinga, Obama juga akan menelpon Kibaki agar mencari suatu solusi yang memuaskan terhadap pemilu Kenya yang telah berakhir dengan aksi kerusuhan massa.

Obama,yang unggul dalam perolehan suara dari Hillary Clinton dalam nominasi partai Demokrat untuk maju ke konvensi nasional AS, adalah anak dari salah seorang anggora suku Luo di Kenya atau masih satu suku dengan Odinga.

Odinga telah menekankan penolakannya untuk bertemu langsung dengan Kibaki tanpa adanya mediasi. "Ia tahu betul bahwa tidak ada alasan baginya untuk bertemu langsung dengan saya karena ia telah merampas hasil pemilu Kenya dari saya," tegas Odinga mengenai alasan penolakannya bertemu Kibaki.  (AFP/JIM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com