Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

800.000 Orang Daftarkan Diri Jadi Relawan Olimpiade 2008

Kompas.com - 08/01/2008, 22:07 WIB

BEIJING, SELASA- Sebanyak 800.000 orang telah mengajukan diri untuk khusus menjadi relawan Olimpiade Beijing 2008. Jumlah aplikasi relawan sebanyak itu tercatat sebagai jumlah aplikasi terbanyak dalam sejarah Olimpiade.

Tidak hanya itu. Menurut Liu Jian, Kepala Departemen Relawan Panitia Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG), masih ada 920.000 orang lain yang mengajukan diri untuk menjadi “relawan kota”.

“Kami sangat berterima kasih kepada orang-orang ini yang dengan suka rela menawarkan bantuan,” tegas Liu Jian dalam jumpa pers di Beijing, China, Selasa (8/1).

Liu mengungkapkan, pihaknya nanti hanya memerlukan sekitar 100.000 relawan. Sampai dengan saat ini, BOCOG telah memilih 80 persen di antaranya, atau memilih sekitar 80.000 orang untuk menjadi relawan.

Dari 80.000 relawan terpilih itu, menurut Liu, hampir separuh di antaranya merupakan mahasiswa universitas-universitas yang tersebar di Kota Beijing. Mereka sudah lolos ujian, wawancara, dan pemeriksaan latar belakang. Mereka juga telah menjalani pelatihan dan mengikuti sejumlah uji coba penyelenggaraan nomor pertandingan atau perlombaan.

Liu menambahkan, sekitar 50.000 relawan berasal dari luar China daratan. Namun, ia memberi catatan khusus mengenai keberadaan relawan dari luar China daratan. “Kalau ada seorang relawan tidak tahu apa-apa soal Beijing, kami perlu menemaninya dengan relawan lain (yang paham Beijing). Hal ini jelas merupakan pemborosan tenaga,” ujar Liu, yang juga mengetuai Liga Pemuda Komunis Beijing.

Kehadiran relawan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan Olimipiade selama beberapa dekade terakhir. Kehadiran relawan membantu menekan biaya penyelenggaraan karena mereka bekerja tanpa dibayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com