Salin Artikel

Batas Wilayah Jepang di Sebelah Barat

Untuk selengkapnya, batas-batas negara Jepang adalah sebagai berikut, dikutip dari Britannica.

Jepang memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia, setelah mencapai pertumbuhan luar biasa pada paruh kedua abad ke-20 usai kehancuran Perang Dunia II.

Peran Jepang dalam komunitas internasional cukup besar. “Negeri Sakura” adalah donor bantuan utama dan sumber modal dan kredit global.

Lebih dari tiga perempat penduduk tinggal di kota-kota yang luas di pinggiran pantai empat pulau Jepang yang bergunung-gunung dan berhutan lebat.

Sejak runtuhnya bisnis properti pada 1989, Jepang menghadapi periode stagnasi ekonomi, deflasi dan pengangguran yang relatif tinggi.

Masalah lainnya termasuk kinerja ekonomi Jepang yang dibatasi oleh lemahnya permintaan domestik. Pasar tenaga kerja yang sempit juga membatasi pengambilan risiko dan aktivitas kewirausahaan.

Terlepas dari lingkungan ekonomi domestik Jepang yang menantang, banyak perusahaan Jepang terus berkinerja baik di panggung dunia. Pada 2011, Jepang menyumbang 68 perusahaan dalam peringkat Fortune/CNN Money Global 500 dari perusahaan-perusahaan terbesar di dunia.

Perusahaan Jepang yang masuk dalam 100 besar peringkat Fortune antara lain: Toyota Motor, Hitachi, Honda Motor, Nissan Motor, Panasonic, Sony dan Toshiba.

Sektor korporasi Jepang terus mendorong terobosan teknologi di bidang-bidang seperti robotika, peralatan medis, energi bersih, komunikasi satelit dan pesawat ruang angkasa, pengolahan air dan industri teknologi tinggi lainnya.

Selain batas wilayah Jepang di sebelah barat, Anda juga dapat melihat batas negara Thailand, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Bernadette Aderi Puspaningrum | Editor: Bernadette Aderi Puspaningrum)

 

https://internasional.kompas.com/read/2022/08/26/220500870/batas-wilayah-jepang-di-sebelah-barat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke