Salin Artikel

Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan, Bolivia dan Paraguay

Amerika Selatan total memiliki 12 negara.

Selain menjadi negara tanpa laut di Amerika Selatan, Bolivia dan Paraguay juga dua-duanya negara yang terkurung daratan di luar lempeng Afro-Eurasia yang terdiri dari Asia, Afrika, dan Eropa.

Dikutip dari World Atlas, Bolivia terletak di bagian barat-tengah Amerika Selatan. Ibu kota Bolivia adalah Sucre, tetapi pusat pemerintahannya di La Paz.

Bolivia berbatasan dengan Brasil di Utara dan timur, Paraguay di tenggara, Argentina di selatan, Peru di barat laut, dan Chile di barat daya.

Meski sekarang termasuk negara tanpa laut di Amerika Selatan, Bolivia awalnya tidak terkurung daratan.

Negara itu dulu memiliki garis pantai di sepanjang Samudera Pasifik, tetapi saat Perang Pasifik 1879-1883 Bolivia kehilangan garis pantai yang diambil Chile.

Menariknya, Bolivia tetap memiliki Angkatan Laut walau tidak memiliki laut. AL Bolivia menggunakan Danau Titicaca sebagai tempat latihan.

Bolivia juga menandatangani Perjanjian Damai dan Persahabatan dengan Chile, sehingga dibuatkan rel kereta api agar orang Bolivia bisa menuju ke laut dengan mudah.

  • Daftar Negara Bagian Amerika Serikat dan Ibu Kotanya
  • Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang di Amerika
  • Daftar Negara Barat dan Siapa yang Dimaksud dengan Bangsa Barat

Negara tanpa laut di Amerika Selatan yang kedua adalah Paraguay, bahkab saking tengahnya posisi negara itu sering disebut sebagai "Jantung Amerika Selatan".

Paraguay adalah negara terkurung daratan terkecil di benua Amerika. Di selatan dan barat daya berbatasan dengan Argentina, di timur dan timur laut berbatasan dengan Brasil, dan di barat laut dengan Bolivia.

Sama seperti Bolivia, Paraguay juga memiliki Angkatan Laut walau negaranya terkurung daratan.

Meski berstatus negara tanpa laut di Amerika Selatan, Paraguay memiliki akses ke Samudera Atlantik melalui Sungai Paraguay-Parana.

https://internasional.kompas.com/read/2022/07/26/204500870/negara-tanpa-laut-di-amerika-selatan-bolivia-dan-paraguay

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke