Salin Artikel

8 Pemimpin Negara Terkenal yang Dibunuh, dari John F Kennedy hingga Shinzo Abe

Sebelumnya, pemimpin negara yang dibunuh paling terkenal adalah presiden Amerika Serikat John F Kennedy pada 1963, dan tahun lalu ada Presiden Haiti Jovenel Moise.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah daftar pemimpin negara yang dibunuh khusus untuk yang popularitasnya tinggi.

Kematiannya terekam dalam film dan mengejutkan dunia, bersama dengan gambar darah yang berceceran di pakaian pink istrinya yang glamor, Jackie.

Veteran Korps Marinir yang bermasalah dan membelot ke Soviet, Lee Harvey Oswald, ditangkap tak lama setelah itu dan dihukum.

Pembunuhan John F Kennedy memicu banyak teori konspirasi.

Oswald (26) ditembak mati dalam siaran langsung televisi ketika dia dipindahkan ke penjara.

2. Anwar El Sadat (1981)

Pemimpin negara yang dibunuh selanjutnya adalah Presiden Mesir Anwar El Sadat. Ia ditembak seorang milisi di Kairo pada 6 Oktober 1981.

Anwar El Sadat tewas tiga tahun setelah menandatangani Kesepakatan Camp David 1978 yang menghasilkan perjanjian damai 1979 dengan Israel. Itu adalah perjanjian damai pertama antara Israel dan negara Arab.

Putranya, Rajiv Gandhi, mengambil alih kekuasaan dan menjabat sampai 1989. Dia juga dibunuh pada 21 Mei 1991 oleh bom bunuh diri di Tamil saat kampanye pemilihan di India selatan.

4. Olof Palme (1986)

Perdana menteri Swedia Olof Palme ditembak mati pada 28 Februari 1986 oleh seseorang, tak lama setelah keluar dari bioskop di ibu kota Stockholm untuk berjalan pulang bersama istrinya. Misteri pembunuhan itu belum terpecahkan.

  • 8 Kandidat Teratas PM Inggris yang Mungkin Akan Gantikan Boris Johnson
  • 8 Kerajaan Terbesar dalam Sejarah Dunia, Wilayah Kekuasaannya Membentang Lintas Benua
  • 8 Raja Gila dalam Sejarah Kerajaan Kuno

5. Mohamad Boudiaf (1992)

Presiden Aljazair Mohamad Boudiaf dibunuh pengawalnya pada 29 Juni 1992, dan masuk dalam daftar pemimpin negara yang dibunuh.

Boudiaf ditembak mati saat berpidato di Annaba, enam bulan setelah pemilihannya.

Pengawal yang bernama Lembarek Boumarafi muncul dari balik tirai dan menembak presiden setelah menggulingkan granat di bawah.

Yigal Amir menembak Yitzhak Rabin tiga kali dari jarak dekat tak lama setelah PM Israel itu berpidato.

Jovenel Moise tewas di kediaman pribadinya di Port-au-Prince oleh pasukan komando bersenjata yang terdiri dari 28 orang.

Sebanyak tiga anggota pasukan komando tewas dan sekitar 20--termasuk 18 mantan tentara Kolombia--ditangkap. Penyelidikan saat ini masih berlangsung untuk mengungkap dalangya.

Shinzo Abe adalah PM Jepang terlama pascaperang, yang menjabat selama dua periode yaitu 2006-2007 dan 2012-2020.

Shinzo Abe (67) tewas dengan luka tembak di bagian leher dan dekat tulang selangka sebelah kiri.

Pelaku penembakan mantan PM Jepang ini adalah Tetsuya Yamagami (41) yang berlatar belakang mantan anggota AL Jepang dan berdinas pada 2002-2005.

Motif penembakan masih didalami aparat keamanan, tetapi pelaku penembakan Shinzo Abe itu mengaku dendam terhadap mantan PM Jepang tersebut.

Para politisi lain yang masuk dalam daftar pemimpin negara yang dibunuh tetapi popularitasnya tidak tinggi antara lain Presiden Rwanda Juvenal Habyarimana, Presiden Burundi Cyprien Ntaryamira, PM Rwanda Agathe Uwilingiyimana, PM Armenia Vazgen Sargsyan, Presiden RD Kongo Laurent Kabila, PM Serbia Zoran Djindjic, dan Presiden Guinea-Bissau Joao Bernardo Vieira.

https://internasional.kompas.com/read/2022/07/09/190500570/8-pemimpin-negara-terkenal-yang-dibunuh-dari-john-f-kennedy-hingga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke