Salin Artikel

Siapa Julian Assange dan Apa Itu WikiLeaks?

Namun bagi orang-orang yang mengecamnya ia adalah seorang pencari publisitas yang membahayakan nyawa orang lain dengan menempatkan informasi yang bersifat rahasia dan sensitif di wilayah publik sehingga dapat diketahui umum.

Assange digambarkan oleh mereka yang pernah bekerja dengannya sebagai orang yang sangat cerdas, ulet dan punya kemampuan yang luar biasa untuk memecahkan kode-kode komputer.

Di tempat berbeda

Ia sering berada di berbagai tempat yang berbeda, menjalankan WikiLeaks dari lokasi-lokasi yang bersifat sementara dan berpindah-pindah.

Assange bisa bekerja secara terus menerus tanpa makan, dan memusatkan perhatian pada pekerjaan dengan sedikit tidur, demikian menurut Raffi Khachaourian, wartawan majalah The New Yorker yang pernah melakukan perjalanan selama beberapa minggu dengannya.

"Ia menciptakan suasana seperti itu di sekitarnya di mana orang-orang yang dekat denganya ingin merawatnya agar ia bisa terus bekerja."

"Menurut pendapat saya hal ini ada kaitannya dengan kharismanya."

Julian Assange enggan beribicara tentang latar belalanganya, namun perhatian media sejak munculnya WikiLeaks menyebabkan orang menyadari pengaruh dia.

Ia lahir di Townsville, Queensland, Australia utara, tahun 1971, dan pada waktu kecil ia sering berpindah-pindah sementara orang tuanya mengadakan teater keliling.

Pada usia 18 tahun ia sudah memiliki seorang anak.

  • Julian Assange Pendiri WikiLeaks Akan Diekstradisi ke AS, Istri: Dia Bisa Bunuh Diri
  • Jejak Kontroversi Julian Assange: Dari Pemerkosaan sampai Pemilu AS
  • Awal Perjalanan Julian Assange Membangun Web Kontroversial WikiLeaks

Ketahuan hacking

Perkembangan internet membuka peluang baginya untuk memanfaatkan pengetahuannya dalam matematik, namun ini juga menyebabkannya mengalami banyak kesulitan.

Tahun 1995 ia dituduh melakukan banyak kegiatan hacking atau meretas dengan seorang teman. Kendati kelompok para hackers itu memiliki kecakapan untuk melacak para detektif yang berusaha melacak mereka, Assange pada akhirnya tertangkap juga dan mengaku bersalah.

Dikenai denda

Ia dikenai denda ribuan dollar Australia--dan bisa menghindari penjara dengan syarat ia tidak akan kembali melakukan perbuatan yang melanggar hukum itu.

Ia mendirikan Wikileaks tahun 2006 dengan sekelompok orang yang memiliki kegemaran yang sama di seluruh dunia maya, menciptakan "dead letterbox" atau kotak pos penerima informasi rahasia di internet dengan para calon pembocor rahasia.

Daniel Schmitt, seorang rekan sesama pendiri WikiLeaks, menggambarkan Assange sebagai "Salah seorang dari segelintir orang yang benar-benar memperhatikan agar reformasi positif di dunia ini mencapai satu tingkat tertentu. Dan pada tingkat itu orang bersedia melakukan sesuatu yang radikal meskipun dengan risiko membuat kesalahan, demi bekerja untuk sesuatu yang mereka yakini."

Suka sama suka

Assange muncul di depan umum untuk mempromosikan dan membela video, termasuk pembocoran dokumen-dokumen militer Amerika Serikat mengenai Afghanistan dan perang Irak, bulan Juli dan Oktober 2010.

Dalam satu peralihan dalam kariernya yang kontroversial, tim jaksa Swedia mengeluarkan surat perintah penahanan terhadapnya sehubungan tuduhan-tuduhan pemerkosaan dan penganiayaan.

Tuduhan ini muncul ke permukakan setelah ia berkunjung ke Swedia bulan Agustus 2010 terkait hubungan seksual dengan dua orang perempuan, yang dikatakan oleh pengacaranya dilakukan atas dasar sama-sama suka.

Assange mengatakan tuduhan-tuduhan itu adalah bagian dari upaya untuk memfitnah dirinya serta situs internetnya yang membocorkan banyak rahasia itu.

https://internasional.kompas.com/read/2022/06/18/073000470/siapa-julian-assange-dan-apa-itu-wikileaks-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke