Salin Artikel

Ismail Al-Jazari, Penemu Robot yang Juga Ciptakan Sistem Toilet Flush

Al-Jazari bahkan turut berpengaruh dalam penemuan sistem modern mesin uap dan beberapa kontrol otomatis.

Ismail Al-Jazari adalah ilmuwan yang lahir pada abad ke-12 dan meninggal pada awal abad ke-13.

Keahliannya sangat dikagumi oleh sultan Negara Artuqid, dan ia menghabiskan 25 tahun di istana Artuqids yang saat ini terletak di provinsi Diyarbakir, timur Turki.

Laman perpustakaan Iowa State University menyebut Ismail Al-Jazari adalah bapak robotika. Kata robotik sendiri kali pertama diciptakan oleh Isaac Asimov pada 1941, tetapi konsepnya sudah ada lebih lama.

“Al-Jazari adalah orang pertama yang membuat robot,” kata Profesor Irfan Yildiz di Dice University of Turkey yang mempelajari ilmuwan Muslim secara ekstensif dan menulis makalah tentang dia serta pengaruhnya terhadap sains.

“Dia juga menemukan poros engkol di istana ini. Kita bisa menganggapnya sebagai bapak sibernetika dan otomatisasi,” lanjutnya dikutip dari Anadolu Agency (7/11/2020).

Poros engkol dianggap sebagai penemuan mekanis terpenting dalam sejarah setelah roda.

Yildiz menambahkan, Al-Jazari menulis buku tentang penemuannya berjudul The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices, dan ada kemungkinan beberapa mesinnya terkubur di bawah puing-puing istana.

Al-Jazari menyebutkan puluhan mekanisme mesin dan inovasi dalam buku kunonya termasuk kontrol mekanis, sistem penambah air, mekanisme penyediaan air, jam, dan robot, menurut Yildiz.

“Kami sejauh ini telah menemukan sistem distribusi air,” katanya, tetapi timnya belum dapat menemukan instrumen robotik apa pun saat itu dan bertekad melanjutkan upaya sampai mereka menemukannya.

Profesor Yildiz percaya bahwa istana Artuqid memiliki peran menonjol dalam sejarah sains, mengingat langkah pertama dari prinsip-prinsip ilmu sibernetika dipraktikkan di sana, dan dasar-dasar komputer tingkat primitif juga muncul di istana berkat kejeniusan mekanis dari Al-Jazari sang profesor di zaman keemasan Islam.

Beberapa temuan Al-Jazari

Jam gajah adalah salah satu penemuan menarik Al-Jazari. Jam abad pertengahan itu berupa jam air bertenaga berat yang ditempatkan di dalam bentuk gajah.

Jam gajah juga ada yang berupa naga, burung phoenix dan sorban. Masing-masing mewakili berbagai budaya termasuk India, Afrika, China, Persia dan Islam.

Ismail Al-Jazari turut menciptakan robot musik humanoid dengan sistem mekanis berupa suara laki-laki yang menghasilkan nada musik sekali dalam satu jam, sehingga membuat pendengarnya mengetahui waktu.

"Orang pertama yang benar-benar membangun robot humanoid yang dapat diprogram adalah Al-Jazari pada tahun 1206," tulis Iowa State University di laman perpustakaannya.

Ia merancangnya sebagai pompa cuci tangan, sistemnya mirip dengan mekanisme flush yang digunakan saat ini dan diyakini sebagai cikal bakal sistem toilet modern.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang pemikir hebat abad pertengahan ini, dapat mengunjungi Museum Al-Jazari Istanbul untuk melihat replika dan rekonstruksi penemuannya yang sangat dikagumi.

 

https://internasional.kompas.com/read/2022/04/16/040000170/ismail-al-jazari-penemu-robot-yang-juga-ciptakan-sistem-toilet-flush

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.