Salin Artikel

Mengapa AS dan NATO Tak Mengirim Pasukannya ke Ukraina?

Banyak yang memberlakukan sanksi ekonomi yang berat, tetapi tidak ada yang mengirim pasukan untuk membantu Ukraina mempertahankan diri.

Militer Ukraina sejauh ini dibiarkan sendirian melawan pasukan Rusia setelah Moskwa melancarkan invasi skala penuh.

Mengapa tidak ada yang membantu Ukraina? Mengapa pasukan AS dan NATO tak mengirim pasukannya?

Ulasan dari laman iNews.co.uk menyebut,
Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memang mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina, tetapi belum mengirim pasukan ke Ukraina.

Ini karena Ukraina bukan anggota aliansi NATO, yang berarti tidak wajib melancarkan serangan bersenjata terhadap Rusia untuk melindungi Ukraina.

NATO adalah aliansi militer yang terdiri dari 30 negara termasuk Inggris Raya dan AS. Sekutu telah meningkatkan jumlah pasukan di negara-negara NATO di sekitar Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa anggota juga telah memberikan dukungan tidak langsung, termasuk senjata, amunisi, dan peralatan lainnya serta memberikan intelijen kepada negara.

Ketika Presiden Putin menyatakan perang, dia memperingatkan negara-negara agar tidak “mencampuri” urusan Ukraina.

“Jika Anda melakukannya, Anda akan menghadapi konsekuensi yang lebih besar daripada yang pernah Anda hadapi dalam sejarah.”

Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan kepada BBC Breakfast bahwa pasukan Inggris tidak akan dikirim untuk berperang "langsung" dengan Rusia.

“Kami telah melakukan hal terbaik berikutnya, yaitu melatih lebih dari 20.000 orang Ukraina, memberi mereka kemampuan mematikan, yang mereka gunakan saat ini."

“Tapi saya tidak menempatkan pasukan Inggris secara langsung untuk melawan pasukan Rusia. Itu akan memicu perang Eropa, karena kami adalah negara NATO, dan karena itu Rusia akan menyerang NATO,” ujar Wallace.

Presiden AS Joe Biden juga telah mengatakan dia tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina.

“Pasukan kami tidak dan tidak akan terlibat dalam konflik."

“Pasukan kami tidak pergi ke Eropa untuk berperang di Ukraina tetapi untuk membela sekutu NATO kami dan meyakinkan sekutu itu di timur,” kata Biden.

Tapi, jika Presiden Putin memutuskan untuk memperluas serangannya ke luar Rusia dan ke negara tetangga NATO, seperti Latvia, Lituania, atau Estonia, Inggris pasti akan berperang dengan Rusia

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa tugas inti NATO adalah untuk melindungi dan membela semua sekutu.

“Serangan terhadap satu akan dianggap sebagai serangan terhadap semua. Ini adalah jaminan keamanan kolektif kami,” ujarnya.

https://internasional.kompas.com/read/2022/03/15/190100770/mengapa-as-dan-nato-tak-mengirim-pasukannya-ke-ukraina-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke