Salin Artikel

10 Jet Tempur Tercanggih 2022, Rafale Nomor 7

Jet tempur sendiri bisa dibilang pesawat paling penting dari angkatan udara setiap negara, dengan tugas mempertahankan wilayah dan menyerang musuh.

Dikutip dari situs web Aerotime, berikut adalah 10 jet tempur tercanggih tahun ini.

Jet tempur ini dilengkapi dengan mesin baru, avionik baru, dan banyak peningkatan lainnya yang mengangkatnya ke level jet generasi 4,5.

Lebih mahal dari pendahulunya, Gripen keluaran baru juga merupakan salah satu jet paling canggih.

Sejauh ini baru angkatan udara Swedia dan Brasil yang memiliki versi terbaru JAS 39.

Namun, Su-35S bisa dianggap sebagai versi pamungkas dari semuanya. Jet ini dilengkapi sistem elektronik terbaru yang akan diproduksi Rusia, serta berbagai perbaikan pada badan pesawat.

Ciri khasnya adalah nozel mesin thrust-vectoring yang dapat berbelok ke segala arah, membuat pesawat sangat mudah bermanuver.

Varian Tranche 3 terbaru memiliki kemampuan udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang jauh lebih baik, berkat radar dan alat elektronik baru.

Typhoon digunakan oleh beberapa angkatan udara terkuat di Eropa dan Timur Tengah, termasuk Inggris, Jerman, Italia, Qatar, dan Arab Saudi.

Varian jet ini sangat sukses sehingga Eropa melewatkan pengembangan jet generasi ke-5, dan langsung melompat ke generasi ke-6 dengan FCAS dan Tempest.

Tidak mengherankan kedua pesawat itu, setidaknya di bagian luar, sangat mirip.

Akan tetapi, penjualan Rafale lebih besar dalam beberapa tahun terakhir dan varian terbarunya telah dikembangkan.

F3-R adalah varian terbaru dan memiliki banyak peningkatan pada persenjataan dan sensornya.

Saat ini, F4 sedang dalam pengembangan dan akan mencakup peningkatan lebih lanjut pada radar dan avioniknya.

Perancis, Uni Emirat Arab, India, dan sejumlah pelanggan lainnya akan mulai menerima pengiriman varian ini dalam waktu dekat, sementara banyak varian lama akan ditingkatkan.

6. Boeing F-15EX Eagle II

Sebagai simbol kekuatan udara Amerika, F-15 adalah satu-satunya jet tempur di dunia yang mencetak lebih dari 100 target tepat sasaran di udara dan tanpa kekalahan.

F-15EX yang dikembangkan oleh Boeing adalah varian terbaru dari jet tersebut.

Pesawat ini memiliki radar baru, avionik baru, sistem senjata, serta peningkatan lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

5. Shenyang FC-31

Jet tempur generasi ke-5 yang ringan ini sudah dirancang sejak satu dekade yang lalu, dan sejak saat itu berada dalam ketidakpastian.

Namun, baru-baru ini proyek itu dibangkitkan dan ditingkatkan. Kemungkinan besar itu akan menjadi jet tempur baru yang dibawa oleh kapal induk China, bahkan bisa mencatatkan beberapa penjualan ekspor.

Meski baru sedikit yang diketahui tentang kemampuan sebenarnya, foto terbaru menunjukkan FC-31 dengan rumah mesin yang didesain ulang, kanopi baru, dan banyak peningkatan menarik lainnya.

4. Lockheed Martin F-22 Raptor

F-22 adalah jet tempur generasi ke-5 asli dan masih kuat. Dengan performa luar biasa baik pada pertarungan jarak dekat maupun pertarungan di luar jangkauan visual (BVR), Raptor juga menampilkan salah satu desain paling tersamarkan yang pernah diproduksi.

Angkatan Udara AS adalah satu-satunya pengguna jet ini, karena dianggap terlalu canggih untuk diserahkan ke negara lain. Namun, jet itu kerap dikerahkan di luar negeri untuk digunakan dalam beberapa misi tempur.

Jet tempur generasi ke-5 China, J-20 Mighty Dragon, adalah pesawat tempur yang berat dan kuat yang dirancang untuk menyaingi F-22 dan Su-57.

Meskipun karakteristik pasti dari jet tempur ini masih dirahasiakan, fakta bahwa China terus meningkatkan jet tersebut sudah diketahui dengan baik.

Sukhoi Su-57 Felon adalah pesawat siluman pertama Rusia. Perkembangannya melambat karena banyak masalah dan penundaan.

Adapun pada awal 2022 hanya sejumlah kecil contoh produksi yang ada, tetapi mereka jauh lebih unggul dari prototipe sebelumnya dan Rusia terus melakukan upgrade ke pesawat ini.

Pada tahun-tahun mendatang, Su-57 siap menerima mesin baru dan berbagai peningkatan lainnya, menjadikan jet ini sebagai peningkatan besar pada konsep Su-27.

Ini adalah jet tempur berat dengan kemampuan manuver kecepatan rendah yang luar biasa, serta karakteristik siluman dan elektronik dan sensor terbaru.

Meskipun tidak secepat jet generasi ke-4 atau bermanuver seperti yang memiliki mesin bervektor dorong, F-35 menebusnya di area lain.

Jet ini sangat berteknologi tinggi, menggunakan sensor, komputer, dan tautan datanya untuk menyerap dan berbagi berbagai informasi.

Hasil dari uji coba terbaru menunjukkan bahwa F-35 hampir tak terkalahkan dalam pertempuran di luar jangkauan visual, dan tak tertandingi sebagai platform serangan presisi.

Ada tiga varian F-35 yaitu F-35A konvensional, F-35B lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, serta F-35C yang dibawa oleh kapal induk.

Di antara mereka, F-35 telah menjadi jet tempur generasi ke-5 yang paling banyak, dengan lebih dari 750 unit diproduksi dan beroperasi di 11 negara, lalu beberapa negara lagi akan menerima pesanan mereka.

Kemajuan F-35 adalah bagian dari kontroversinya, karena elemen konstruksinya yang sangat kompleks dan berat pemeliharaannya, seperti avionik atau kulit silumannya yang rentan terhadap kegagalan.

Namun, masalah itu sekarang diklaim mulai perlahan-lahan teratasi dan peningkatan baru sedang diluncurkan.

https://internasional.kompas.com/read/2022/02/17/233800870/10-jet-tempur-tercanggih-2022-rafale-nomor-7

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.