Salin Artikel

Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

KOMPAS.com – Negara maju adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut negara-negara dengan standar hidup yang layak dan perekonomian yang kuat di dunia.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF) ada tiga kriteria negara maju untuk mengklasifikasikan sebuah negara dikatakan sebagai negara sebagai negara maju.

Pertama, produk domestik bruto (PDB) per kapita. Ini yang menghitung semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam satu tahun dan membaginya dengan jumlah penduduknya.

Kedua, diversifikasi ekspor. Negara-negara dengan PDB tinggi tidak dianggap negara maju jika ekspor mereka sebagian besar terdiri dari hanya beberapa komoditas.

Ketiga, terintegrasi dalam sistem keuangan global. Ini mencakup volume perdagangan internasional suatu negara dan adopsi serta partisipasinya dalam lembaga keuangan internasional.

Sedangkan negara berkembang adalah istilah yang digunakan untuk menyebut negara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi.

Ciri-ciri negara berkembang ditentukan melalui sejumlah kriteria yang digunakan untuk menilai apakah negara tersebut termasuk negara berkembang.

Dilansir Investopedia, kriteria tersebut adalah pendapatan per kapita atau produk domestik bruto (PDB) per kapita, tingkat industrialisasi, taraf hidup umum, dan jumlah infrastruktur teknologi.

Dilansir IMF, berikut daftar negara maju dan negara berkembang di dunia.

Benua Australia dan Oseania

Daftar negara maju di Benua Australia dan Oseania

Australia
Selandia Baru

Daftar negara berkembang di Benua Australia dan Oseania

Federasi Mikronesia 

Benua Afrika

Daftar negara maju di Benua Afrika

Menurut data IMF, belum ada satu negara pun di Benua Afrika yang masuk kategori negara maju.

https://internasional.kompas.com/read/2022/02/05/143000070/daftar-negara-maju-dan-negara-berkembang-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke