Salin Artikel

7 Kota Paling Dingin di Dunia

KOMPAS.com – Bukanlah rahasia umum jika beberapa kota di dunia memiliki suhu dingin yang ekstrem hingga puluhan minus derajat Celsius namun tetap ditinggali oleh manusia.

Orang-orang yang tinggal di kota dengan suhu dingin terbiasa menjalani hari-harinya di bawah kondisi yang ekstrem.

Kendati demikian, kota-kota terdingin di dunia rupanya juga menarik minat beberapa orang untuk berkunjung ke sana untuk menikmati salju, kebudayaan, dan gelaran festival.

Berikut 7 kota terdingin di dunia melansir The Discoverer.

Nur Sultan adalah ibu kota negara Kazakhstan yang terletak di Asia Tengah. Kota ini dulunya bernama Astana.

Nur Sultan menjadi kota paling dingin ketujuh di dunia dalam daftar ini dengan suhu rata-rata pada Januari mencapai -16 derajat Celsius.

Ketika suhu sangat rendah, Sungai Ishim yang ada di sana sampai membeku. Saat itulah banyak warga mengunjungi sungai tersebut dan bermain seluncur es.

Nur Sultan juga merupakan kota modern dengan arsitektur yang futuristik, masjid yang memesona, dan banyak kompleks perbelanjaan dan hiburan.

Winnipeg adalah ibu kota Negara Bagian Manitoba, Kanada, dan menempati peringkat keenam sebagai kota paling dingin di dunia.

Kota ini terletak di padang rumput yang luas, di mana tidak ada banyak penghalang alami untuk menahan dari terpaan angin yang bertiup dari Kutub Utara saat musim dingin.

Suhu rata-rata Winnipeg pada Januari adalah -16 derajat Celsius. Tetapi jika Anda terkena angin, akan terasa seperti -40 derajat Celsius.

Irkutsk adalah salah satu kota industri terbesar di Siberia, Rusia dan menempati peringkat kelima sebagai kota terdingin di dunia dalam daftar ini.

Penduduknya menghadapi hawa yang sangat dingin pada Januari ketika suhunya mencapai -18 derajat Celsius.

Kota yang terletak di di dekat Danau Baikal, danau terdalam di dunia, tersebut memiliki populasi lebih dari setengah juta jiwa.

Saat musim dingin, Danau Baikal membeku dan berubah menjadi arena seluncur es terbesar di dunia.

Harbin adalah kota yang terletak di China. Pada Januari, suhu rata-ratanya menyentuh -19 derajat Celsius.

Menempati posisi keempat sebagai kota paling dingin di dunia dalam daftar ini, Harbin dihuni lebih dari sembilan juta penduduk.

Meski diterjang suhu dingin ekstrem, ada Festival Es dan Salju Internasional yang digelar setiap tahun di Harbin pada akhir Desember hingga pertengahan Februari.

Kota Fairbanks terletak tepat di utara Taman Nasional dan Cagar Alam Denali, Alaska, AS. Pada Januari, suhu rata-rata di sana diperkirakan sekitar -21 derajat Celsius.

Fairbanks menempati peringkat ketiga sebagai kota paling dingin di dunia dalam daftar ini.

Selain itu, Alaska juga terkenal bagi para penggemar cuaca dingin untuk melakukan berbagai aktivitas di alam liar.

Ulaanbaatar adalah ibu kota Mongolia yang dihuni oleh lebih dari satu juta jiwa yang pemberani.

Bagaimana tidak, suhu rata-rata pada Januari di Ulaanbaatar bisa mencapai -24 derajat Celsius sehingga memebuatnya kota terdingin nomor dua di dunia dalam daftar ini.

Ulaanbaatar terletak 4.400 kaki di atas permukaan laut di kaki Gunung Bogd Khan, yang merupakan taman nasional pertama di dunia.

Wisata musim dingin adalah bisnis yang berkembang di Mongolia, dan para turis di sana akan disuguhi berbagai fesstival lokal yang unik lengkap dengan nyanyian, tarian, dan gulat.

Yakutsk merupakan kota terdingin di dunia dan merupakan bagian dari wilayah Siberia, Rusia.

Kota ini berpenduduk lebih dari 250.000 jiwa dan menyajikan keindahan alam yang luar biasa karena terletak 280 mil di selatan Lingkaran Arktik.

Orang-orang wilayah terpencil ini juga memiliki semangat yang luar biasa karena mampu hidup dalam cuaca dingin yang sangat ekstrem.

Pada Januari, suhu rata-rata di Yakutsk bisa mencapai -42 derajat Celsius.

Kendati memiliki cuaca dingin, orang-orang di Yakutsk adalah tuan rumah yang ramah bagi pelancong yang datang ke sana.

https://internasional.kompas.com/read/2021/12/09/141500870/7-kota-paling-dingin-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke