Salin Artikel

Sejarah Penerbangan Dunia, dari Balon Udara hingga Roket

KOMPAS.com - Sejarah penerbangan dunia sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu, ketika sejumlah tokoh pemikir mulai menunjukkan obsesinya untuk terbang ke langit.

Beberapa tokoh dalam sejarah memiliki ide, teori, dan imajinasi yang lebih rinci tentang penerbangan, salah satunya seniman dan penemu Italia Leonardo da Vinci (1505-1506).

Dalam bukunya "Codex on the Flight of Birds", da Vinci menuliskan ribuan catatan dan menggambar ratusan sketsa tentang sifat penerbangan.

Ada juga prinsip-prinsip aerodinamis, yang akan menjadi dasar awal dan sangat memengaruhi industri penerbangan dan pesawat buatan manusia.

Pencarian dimulai dari menerbangkan layang-layang di China kuno, hingga penggunaan balon udara panas bertenaga hidrogen di Perancis abad ke-18.

Selanjutnya pesawat kontemporer yang begitu canggih ditemukan, sampai inovasi pesawat yang tidak dapat dideteksi oleh radar atau mata manusia.

Berikut ini garis waktu obsesi manusia untuk terbang, yang membentuk sejarah penerbangan dunia.

1. Penerbangan balon udara berawak pertama (1783)

Dua bersaudara asal Perancis Joseph-Michel dan Jacques-Etienne Montgolfier merancang penerbangan uji, yang sukses dengan bebek, domba, dan ayam jantan sebagai penumpang.

Dua bulan setelahnya, dua manusia naik dengan balon rancangan Montgolfier di atas Paris.

Didukung oleh api buatan tangan, pesawat dari kertas dan sutra itu naik 500 kaki vertikal, dan melakukan perjalanan sekitar 5,5 mil selama sekitar setengah jam.

Namun dalam perlombaan angkasa versi abad ke-18, pencapaian itu dipecahkan oleh insinyur balon udara saingan Jacques Alexander Charles dan Nicholas Louis Robert hanya 10 hari kemudian.

Balon udara mereka, yang menggunakan gas hidrogen, menempuh jarak 25 mil dan bertahan lebih dari dua jam.

2. George Cayley dan aerodinamika (1809-1810)

Pada awal abad ke-19, filsuf Inggris George Cayley menerbitkan "On Aerial Navigation," serangkaian makalah radikal yang memperkenalkan dunia pada studi aerodinamika.

Pada saat itu, pria yang kemudian dikenal sebagai "bapak penerbangan" ini telah menjadi orang pertama yang mengidentifikasi empat kekuatan penerbangan (berat, daya angkat, daya tarik, dorongan).

George Cayley juga mengembangkan konsep pertama mesin terbang sayap tetap, dan merancang pesawat layang pertama yang dilaporkan membawa manusia ke angkasa.

3. Pesawat bertenaga mesin dan dapat dikendalika (1852)

Insinyur Perancis Henri Giffard mengawaki penerbangan udara pertama bertenaga mesin yang dikendalikan pada 1852, setengah abad sebelum Wright bersaudara mengudara.

Giffard, yang menemukan injektor uap, melakukan perjalanan hampir 17 mil dari Paris ke lancourt dengan “Giffard Dirigible”. Kapal udara ini berbentuk cerutu dengan panjang 143 kaki (43,5 meter).

Giffard Dirigible dikemudikan oleh baling-baling berbilah tiga yang digerakkan oleh 250 pon, 3 mesin tenaga kuda, dan dinyalakan oleh boiler seberat 100 pon.

Penerbangan tersebut membuktikan bahwa kapal udara bertenaga uap dapat dikemudikan dan dikendalikan.

4. Mesin pembakaran (1876)

Dibangun dengan kemajuan para insinyur Perancis, insinyur Jerman Nikolaus Otto merancang mesin pembakaran bertenaga gas yang lebih ringan, lebih efisien, memberikan alternatif untuk mesin bertenaga uap yang sebelumnya universal.

Inovasi itu merevolusi industri automobil perjalanan darat, serta memberi dukungan pengembangan era baru pada penerbangan yang lebih panjang dan lebih terkontrol.

5. Penerbangan pesawat pertama (1903)

Orville dan Wilbur Wright bersaudara melakukan penerbangan pesawat pertama dari Kitty Hawk, Carolina Utara, menggunakan pesawat terbang biplane baling-baling kayu bertenaga bensin, yang lebih berat namun terkontrol dan tahan lama. 

Pesawat “Wright Flyer” menjadi nama pesawat pertama di duniam dan berhasil melakukan dua kali (total empat) penerbangan. Durasi terpendek adalah 12 detik dan penerbangan berkelanjutan terpanjang berlangsung selama sekitar 59 detik.

Percobaan keduanya dianggap sebagai peristiwa bersejarah hingga saat ini. Tapi, prestasi itu sebagian besar diabaikan oleh surat kabar saat itu, yang percaya bahwa penerbangan itu terlalu pendek untuk menjadi penting.

6. Helikopter pertama lepas landas (1907)

Insinyur dan pembuat sepeda Perancis Paul Cornu menjadi orang pertama yang mengendarai pesawat berbaling putar, pesawat angkat vertikal.

Pendahulu helikopter ini, berhasil terbang sekitar 1,5 meter dari tanah selama 20 detik di dekat Lisieux, Perancis.

Versi dari helikopter telah mulai dibuat sejak tiga dekade sebelumnya pada 1877, insinyur Italia Enrico Forlanini memulai debutnya dengan helikopter pertama.

Model itu kemudian diperbaiki di masa depan oleh desainer Amerika Igor Sikorsky, yang memperkenalkan versi yang lebih standar di Stratford, Connecticut pada 1939.

Tapi penerbangan pendek Cornu yang akan menempatkannya di buku sejarah sebagai penerbangan helikopter pertama definitif.

7. Pilot wanita pertama (1911-1912)

Jurnalis Harriet Quimby menjadi wanita Amerika pertama yang pernah diberikan lisensi pilot pada 1911, setelah hanya empat bulan pelajaran penerbangan.

Memanfaatkan karisma dan kecakapannya tampil di hadapan publik, dia menjadi terkenal karena pakaian terbang satin ungu dan juga perhatiannya pada pemeriksaan keamanan.

Quimby juga dinobatkan sebagai wanita pertama yang terbang solo melintasi Selat Inggris. Namun, prestasi itu dibayangi oleh tenggelamnya Titanic, dua hari sebelumnya.

8. Militerisasi pesawat (1911)

Italia menjadi negara pertama yang secara signifikan memasukkan pesawat ke dalam operasi militer, selama perang Turki-Italia (1911).

Italia menggunakan baik pesawat tunggal maupun kapal udara untuk pengeboman, pengintaian, dan transportasi.

Sementara itu di AS, sebuah pesawat yang dirancang oleh Wright bersaudara mulai dipersenjatai dengan senapan mesin pada 1912. Pesawat ini diterbangkan di sebuah bandara di College Park, Maryland sebagai penerbangan bersenjata pertama di dunia.

Perang Dunia I menjadi konflik besar pertama yang menggunakan pesawat dalam skala besar, dan memperluas penggunaannya dalam pertempuran aktif.

Bangsa-bangsa menunjuk jenderal berpangkat tinggi untuk mengawasi strategi udara, dan generasi baru pahlawan perang muncul: pilot pesawat tempur atau "asli terbang."

Menurut The Illustrated Encyclopedia of Military Aircraft, Perancis adalah produsen pesawat perang terkemuka, dengan memproduksi hampir 68.000 pesawat antara 1914 dan 1918. Dari jumlah tersebut, hampir 53.000 ditembak jatuh, jatuh, atau rusak.

9. Penerbangan penumpang komersial pertama (1914)

Setelah Wright Bersaudara, para penemu terus mengembangkan pesawat terbang. Hal ini menyebabkan penemuan pesawat bermesin jet, yang digunakan oleh maskapai militer dan komersial.

Pada tahun baru 1914, Pilot Tony Jannus mengangkut satu penumpang, Wali Kota Abe Pheil dari St. Petersburg, Florida melintasi Tampa Bay melalui airboat terbangnya, “St. Jalur Kapal Udara Petersburg-Tampa.”

Penerbangan 23 mil (kebanyakan di sepanjang pantai Tampa Bay) menelan biaya 5,00 dollar AS dan akan meletakkan dasar bagi industri penerbangan komersial.

Pesawat jet terbang jauh lebih cepat daripada pesawat bertenaga baling-baling dan pada ketinggian yang lebih tinggi, beberapa setinggi 10.000 hingga 15.000 meter.

Dua insinyur, Frank Whittle dari Inggris dan Hans von Ohain dari Jerman, dikreditkan atas pengembangan mesin jet selama akhir 1930-an.

Sejak itu, beberapa perusahaan mengembangkan pesawat listrik yang menggunakan motor listrik daripada mesin pembakaran internal.

Listrik tersebut berasal dari sumber bahan bakar alternatif seperti sel bahan bakar, sel surya, ultracapacitor, power beaming dan baterai. Meski teknologinya masih dalam masa pertumbuhan, beberapa model pesawat jenis ini sudah ada di pasaran.

10. Pesawat bertenaga roket

Bidang eksplorasi lainnya adalah dengan pesawat bertenaga roket. Pesawat-pesawat ini menggunakan mesin yang berjalan pada propelan roket untuk propulsi, memungkinkan mereka untuk terbang pada kecepatan yang lebih tinggi dan mencapai akselerasi yang lebih cepat.

Misalnya, pesawat bertenaga roket awal yang disebut Me 163 Komet yang dikerahkan oleh Jerman selama Perang Dunia II. Pesawat roket Bell X-1 adalah pesawat pertama yang memecahkan penghalang suara pada 1947.

Saat ini, X-15 Amerika Utara memegang rekor dunia untuk kecepatan tertinggi yang pernah dicatat oleh pesawat berawak bertenaga mesin.

Perusahaan yang lebih berani juga mulai bereksperimen dengan roket sebagai tenaga penggeraknya, seperti SpaceShipOne. Ini dirancang oleh insinyur kedirgantaraan AS Burt Rutan dan SpaceShipTwo dari Virgin Galactic.

https://internasional.kompas.com/read/2021/12/06/190000070/sejarah-penerbangan-dunia-dari-balon-udara-hingga-roket

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke