Salin Artikel

Bagaimana Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat?

KOMPAS.com - Sistem pemerintahan di Amerika Serikat adalah republik konstitusional federal dan demokrasi perwakilan.

Melansir USA Facts (2021), pemerintah Amerika Serikat bertindak berdasarkan checks and balances yang ditentukan oleh Konstitusi negara, yang berfungsi sebagai dokumen hukum tertinggi.

Di Amerika Serikat, warga negara biasanya tunduk pada 3 tingkat pemerintahan, yaitu federal, negara bagian, dan daerah. Tugas pemerintah daerah biasanya dibedakan antara pemerintah county (setingkat kabupaten) dan munisipal.

Teks asli Konstitusi menetapkan struktur dan tanggung jawab pemerintah federal dan hubungannya dengan masing-masing negara bagian Amerika Serikat yang berjumlah 50.

Konstitusi negara telah diamandemen 27 kali, termasuk 10 amandemen pertama, Bill of Rights, yang menjadi dasar utama dari hak-hak individu orang Amerika Serikat.

Struktur pemerintahan federal

Konstitusi Amerika Serikat membagi pemerintah federal menjadi tiga cabang fungsi, untuk memastikan tidak ada individu atau kelompok yang mendapatkan terlalu banyak kendali di pemerintah pusat.

Cabang legislatif bertugas untuk membuat undang-undang (Kongres); cabang eksekutif untuk menjalankan undang-undang (Presiden, Wakil Presiden, Kabinet); dan cabang Yudisial untuk mengevaluasi hukum (Mahkamah Agung dan pengadilan lainnya).

Setiap cabang pemerintahan dapat mengubah tindakan cabang lainnya, contohnya sebagai berikut:

Contoh pertama, presiden dapat memveto RUU legislatif yang disahkan oleh Kongres sebelum menjadi undang-undang.

Contoh kedua, Kongres bisa mengkonfirmasi atau menolak penunjukan presiden dan dapat memberhentikan presiden dari jabatannya dalam keadaan luar biasa.

Contoh ketiga, Hakim Mahkamah Agung yang dapat membatalkan undang-undang inkonstitusional, diangkat oleh presiden dan disahkan oleh Senat.

Legislatif dalam pemerintahan federal

Cabang legislatif dalam pemerintahan federal berfungsi memberlakukan undang-undang, mengkonfirmasi, atau menolak pengajuan presiden, dan memiliki wewenang untuk menyatakan perang.

Cabang ini terdiri dari Kongres (Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat) dan beberapa lembaga yang memberikan layanan dukungan kepada Kongres.

Eksekutif dalam pemerintahan federal

Cabang eksekutif dalam pemerintahan federal berfungsi untuk menjalankan dan menegakkan hukum, termasuk presiden, wakil presiden, Kabinet, 15 departemen eksekutif, lembaga independen, dewan, komisi, dan komite lainnya.

Yudikatif dalam pemerintahan federal

Cabang yudikatif dalam pemerintahan federal berrfungsi menafsirkan arti undang-undang, menerapkan undang-undang untuk kasus-kasus individu, dan memutuskan apakah undang-undang melanggar Konstitusi.

Cabang yudisial terdiri dari Mahkamah Agung dan pengadilan federal lainnya.

Struktur pemerintahan negara bagian Amerika Serikat

Di bawah Amandemen Kesepuluh Konstitusi Amerika Serikat, semua kekuasaan yang tidak diberikan kepada pemerintah federal adalah milik negara bagian dan rakyat.

Lima puluh pemerintah negara bagian mengikuti model pemerintah federal dan terdiri dari 3 cabang, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Konstitusi Amerika Serikat mengamanatkan bahwa 50 negara bagian menjunjung "bentuk republik" pemerintahan.

Legislatif dalam pemerintahan negara bagian Amerika Serikat

Semua negara bagian Amerika Serikat memiliki cabang legislatif terdiri dari perwakilan terpilih.

Pihak legislatif berfungsi untuk mempertimbangkan hal-hal yang diajukan oleh gubernur atau diperkenalkan oleh anggotanya untuk membuat peraturan perundang-undangan menjadi undang-undang.

Cabang legislatif juga menyetujui anggaran negara bagian dan memprakarsai undang-undang pajak dan pasal-pasal pemakzulan.

Kemudian, fungsi yang terakhir adalah sebagai bagian dari sistem checks and balances di antara tiga cabang pemerintahan negara bagian yang mencerminkan sistem federal dan mencegah cabang mana pun menyalahgunakan kekuasaannya.

Setiap negara bagian kecuali satu memiliki badan legislatif bikameral yang terdiri dari dua majelis, yaitu majelis tinggi yang lebih kecil dan majelis rendah yang lebih besar.

Bersama-sama kedua majelis membuat undang-undang negara bagian dan memenuhi tanggung jawab pemerintahan lainnya.

Majelis atas yang lebih kecil disebut Senat, dan anggotanya umumnya menjabat lebih lama, biasanya 4 tahun.

Majelis bawah yang lebih besar disebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), tetapi beberapa negara bagian menyebutnya Majelis atau Dewan Delegasi.

Anggota DPR biasanya menjabat dengan masa jabatan yang lebih pendek, seringkali 2 tahun. Nebraska adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang hanya memiliki satu majelis di badan legislatifnya.

Eksekutif dalam pemerintahan negara bagian Amerika Serikat

Di setiap negara bagian Amerika Serikat, cabang eksekutif dipimpin oleh seorang gubernur yang dipilih langsung oleh rakyat.

Di sebagian besar negara bagian, pemimpin lain di cabang eksekutif juga dipilih secara langsung, seperti letnan gubernur, jaksa agung, sekretaris negara, serta auditor dan komisaris.

Negara bagian berhak untuk berorganisasi dengan cara apa pun, sehingga mereka sering sangat berbeda dalam hal struktur eksekutif. Tidak ada dua organisasi eksekutif negara yang identik.

Yudikatif dalam pemerintahan negara bagian Amerika Serikat

Sebagian besar negara bagian Amerika Serikat memiliki pengadilan tertinggi yang mendengarkan banding dari pengadilan negara bagian yang lebih rendah.

Struktur pengadilan dan pengangkatan/pemilihan hakim ditentukan baik oleh undang-undang atau konstitusi negara.

Pengadilan tertinggi negara bagian Amerika Serikat biasanya berfokus pada koreksi kesalahan yang dibuat di pengadilan yang lebih rendah dan karena itu tidak mengadakan persidangan.

Keputusan yang dibuat di pengadilan tertinggi negara bagian biasanya mengikat. Namun, ketika pertanyaan diajukan mengenai konsistensi dengan Konstitusi AS, masalah dapat diajukan langsung ke Mahkamah Agung Amerika Serikat.

https://internasional.kompas.com/read/2021/11/02/053654770/bagaimana-sistem-pemerintahan-di-amerika-serikat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke