Salin Artikel

Daftar Piano Termahal yang Pernah Dibuat di Dunia

KOMPAS.com - Piano termahal saat ini bisa mencapai jutaan dolar untuk model mewah atau unik, bahkan sejarah di balik pembuatannya.

Piano telah ada selama ratusan tahun, dan bahkan sebelum itu, mulai dari instrumen seperti piano yang disebut harpsichord dan instrumen senar lainnya.

Namun, perangkat primitif itu telah berkembang sangat jauh dari kualitas bahan dan teknik pembuatannya, sehingga bisa dijual miliaran rupiah.

Berikut ini beberapa piano termahal di dunia dan sejumlah informasi unik di balik pembuatannya, menurut Ventured.

1. Piano Termahal Dunia – Piano 'As Time Goes By'

Piano 'As Time Goes By' adalah salah satu dari dua piano yang ditampilkan dalam film Casablanca (1942).

Piano yang dijuluki piano 'As Time Goes By', dijual dalam lelang dengan harga 3,4 juta dollar AS pada 2014, menjadikannya piano termahal di dunia dan juga salah satu piano termahal sepanjang masa sejauh ini.

Bukannya berasal dari ukuran dan kemewahan piano itu sendiri, nilai piano ini kemungkinan besar berasal dari nilai sentimentalitasnya.

Instrumen ini memainkan peran penting dan berulang dalam film, termasuk satu sebagai tempat persembunyian untuk kertas transit. Piano tersebut diperkirakan dibuat oleh Kohler & Campbell.

2. Piano Kristal Heintzman

Heintzman & Co Crystal Piano adalah piano konser satu-satunya yang dimainkan di konser hanya satu kali.

Piano ini dibuat untuk Olimpiade Beijing 2008 dan kemudian dimainkan oleh pianis terkenal Lang Lang untuk jutaan penonton.

Setelah pertunjukannya, Piano Kristal Heintzman dilelang ke pembeli anonim di mana instrumen itu menetap sampai hari ini.

3. Steinway & Sons “Pictures at an Exhibition”

Steinway & Sons “Pictures at an Exhibition” adalah piano Steinway Model D yang dilukis oleh seniman Paul Wyse. Detail karya seni yang mewah terlihat dalam piano ini hingga membuatnya menjadi salah satu piano termahal yang dihargai 2,5 juta dollar AS (Rp 35 miliar).

Nama piano mengacu pada komposisi dari komposer Rusia Modest Mussorgsky, yang disebut Pictures at an Exhibition.

Secara harfiah, instrumen ini mewakili pengalaman pengunjung berpindah dari satu gambar ke gambar lainnya.

Piano mahakarya ini menggambarkan semua gambar dari musik dan potret komposernya, Mussorgsky Sederhana sendiri.

Kaki piano memiliki jam kukuk Rusia yang ajaib, sementara bangku khusus diukir dengan gaya cerita rakyat abad pertengahan Rusia.

4. Fibonacci Steinway & Sons

Steinway Sons yang berbasis di New York menganggap grand piano ini sebagai representasi material dari Seri Fibonacci, rasio proporsi ilahi Renaissance.

Franck Pollaro adalah orang yang mendesain model Steinway edisi terbatas yang mewah ini. Dengan harga lebih dari 2,4 juta dollar AS (Rp 34 miliar), ini salah satu piano paling mahal dan menakjubkan yang diproduksi oleh merek piano papan atas.

Instrumen ini menelusuri spiral Fibonacci seperti yang diterapkan pada Nautilus yang berkembang tanpa mengubah bentuknya di seluruh tubuh grand piano ini.

Bingkai yang luar biasa ini dihiasi dengan potongan kayu intarsia langka dan ditempatkan secara manual dengan tangan untuk membuat lapisan luarnya.

Piano membutuhkan lebih dari 6.000 jam kerja dan empat tahun untuk pembuatannya.

5. Steinway Model Z Milik John Lennon

Meskipun piano ini hanyalah Steinway Model Z sederhana, piano ini berhasil dijual seharga 2,37 dollar AS (Rp 33 miliar) karena sejarah selebriti yang memainkannya.

Piano tegak ini dimiliki oleh John Lennon dan digunakan untuk menggubah lagu hit "Imagine". Piano itu dilelang pada 2000, ketika George Michael membelinya dengan harga yang luar biasa.

Akhirnya, setelah merekam beberapa musiknya sendiri di piano itu, George Michael menyumbangkannya kembali ke The Beatles Story Museum di Liverpool.

Saat ini, piano ini juga sesekali melakukan tur keliling dunia. Instrumen ini adalah bagian kedua dari memorabilia Beatles yang terjual lebih dari 2 juta dollar AS (Rp 28 miliar )dalam beberapa tahun terakhir.

Satu set drum milik Ringo Starr dijual dilelang seharga 2,1 juta dollar AS pada 2015 menempatkannya di atas daftar set drum termahal di dunia.

https://internasional.kompas.com/read/2021/10/29/043000670/daftar-piano-termahal-yang-pernah-dibuat-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke